Selain buat Mandi, Berikut Manfaat Lain Sabun yang di Luar Dugaan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi sabun dan lemon. shutterstock.com

Ilustrasi sabun dan lemon. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sabun biasa digunakan saat mandi untuk menghilangkan kotoran di kulit sekaligus memberikan bau wangi dan segar. Ternyata, selain untuk mandi, ada juga manfaat sabun batang yang mungkin belum dietahui.

Buat yang ingin tahu apa saja kegunaan lain dari sabun batang selain untuk mandi, berikut beberapa di antaranya.

Artikel lain:

Jangan Ragu Pakai Sabun Arang, Nikmati 3 Manfaat Cantiknya
Dosis Mandi yang Tepat dalam Sehari, Boleh Kurang Jangan Lebih

#Mengatasi Restless Leg Syndrome (RLS)
Buat yang mengalami salah satu gangguan tidur Restless Leg Syndrome (RLS) atau kondisi neurologis yang berhubungan dengan sensasi dan gerakan, biasanya berupa gejala kaki yang berkejut-kejut sewaktu tidur, sabun batang bisa membantu mengatasinya. Letakkan sabun batang di antara kasur dan sprei, kemudian posisikan tepat pada kaki. Aroma wanginya akan memberikan efek relaksasi serta kandungan magnesiumnya mampu mengurangi gejala gerakkan kaki berlebih saat tidur.

#Membuat panci bebas jelaga
Saat kemping, memasak dengan api unggun atau minyak tanah bisa membuat panci menjadi hitam. Agar tehindar dari jelaga, coba oleskan sabun batang pada bagian luar panci sebelum mulai memasak. Dijamin panci bebas dari noda hitam jelaga.

Ilustrasi sabung arang. Teen.co.id

#Pengharum lemari
Tidak perlu alokasi dana khusus untuk membuat lemari pakaian tetap harum dengan membeli pengharum khusus lemari. Sepotong sabun batang dengan aroma wangi favorit bisa diletakkan dalam lemari sebagai pengganti kamper atau pengharum pakaian. Pewangi dari sabun batang ini bisa bertahan hingga lebih dari dua bulan. Cara hemat ini pasti cocok buat anak-anak kos yang harus ekstra hemat.

#Menghilangkan bau pada sepatu
Buat yang hobi mengoleksi sepatu, sepatu yang teralu lama disimpan atau lembab setelah terkena hujan biasanya jadi apek ataupun berbau tidak sedap. Agar koleksi sepatu tetap wangi, masukkan sepotong kecil sabun batang di dalamnya.

#Pelumas risleting
Suka kesal jika risleting celana atau jaket macet? Selain melapisinya dengan lilin, Anda bisa menggunakan sabun batang untuk membuat risleting lancar. Sabun batang juga efektif menjadi pelumas risleting yang susah dibuka.

#Membuat kacamata bebas embun
Buat yang sehari-hari menggunakan kacamata, pasti sering mengalami kacamata berembun saat berada di tempat bersuhu dingin ataupun saat makan makanan berkuah panas. Agar kondisi menyebalkan ini bisa dikurangi, oleskan sabun batang pada lensa kacamata kemudian lap hingga bersih. Cara ini juga bisa diterapkan pada kacamata renang.

TEEN

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."