6 Kebiasaan yang Bikin Kulit Tangan Kering dan Kasar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi wanita mengoleskan krim pada tangan. Unsplash.com/Rawpixel

Ilustrasi wanita mengoleskan krim pada tangan. Unsplash.com/Rawpixel

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Beberapa masalah yang terjadi pada kulit tangan di antaranya adalah kulit yang memerah, kering, pecah-pecah, dan mengelupas. Jika mengalami kondisi itu terasa tak nyaman, apalagi tangan merupakan bagian tubuh yang sering digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas. 

Baca juga: Tak Punya Barbel untuk Melatih Otot Tangan, Ganti dengan Handuk

Tanpa disadari hal-hal kecil yang dilakukan sehari-hari menjadi penyebab timbulnya masalah pada kulit tangan. Berikut ini beberapa penyebab kulit tangan kering dan kasar. 

#1. Sering Mencuci dengan Tangan
Mencuci piring atau pakaian menggunakan tangan sering menjadi penyebab munculnya masalah kulit. Hal ini disebabkan karena paparan zat kimia yang terkandung dalam sabun cuci sehingga menyebabkan kulit iritasi. Kulit yang sering terpapar zat kimia tersebut bisa menjadi kering, kemerahan, dan mengalami penebalan. Karena itu, mulai sekarang gunakan sarung tangan karet agar kulit tidak terpapar langsung dengan sabun cuci.

#2. Aktivitas di Ruangan Ber-AC
Beraktivitas di ruangan ber-AC memang terasa nyaman dan sejuk, tapi tanpa disadari paparan AC juga bisa menyebabkan kulit kering, lho. Sebab, meski terasa sejuk namun udara AC justru membuat kulit kehilangan kelembapan alaminya sehingga kulit menjadi dehidrasi. 

#3. Salah Memilih Sabun
Mencuci tangan dengan sabun memang penting untuk membunuh bakteri dan kuman. Tapi kalau terlalu sering justru bisa membuat kulit menjadi kering, apalagi jika sabun yang digunakan mengandung sodium laureth sulfate (SLS) sebagai penghasil busa. Sabun yang menghasilkan banyak busa atau yang mengandung antiseptik akan menyerap kelembapan kulit. Sebaiknya pilih sabun cuci tangan yang lembut dengan kandungan zat kimia yang minim.

#5. Paparan Air Bermineral Tinggi
Air yang mengandung kadar mineral tinggi, seperti magnesium, timbal, dan zinc bisa membuat kulit menjadi kering. Kandungan mineral tersebut juga bisa membuat minyak alami dalam kulit tersumbat sehingga pengaplikasian pelembap atau lotion tidak bisa terserap ke dalam kulit. 

#6. Sering Menggunakan Hand Dryer
Hand dryer sering digunakan sehabis mencuci tangan di toilet umum atau di restoran. Alat pengering ini memang cenderung lebih praktis dan ramah lingkungan dibanding harus mengelap tangan dengan tisu. Tapi, udara panas yang dikeluarkan hand dryer rupanya bisa mengikis kelembapan alami kulit. Cobalah menggunakan handuk kecil atau sapu tangan untuk mengeringkan tangan.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."