Ayo Latih Jari Tangan Supaya Kuat Sekaligus Lentur

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi jari tangan wanita. Pixabay.com

Ilustrasi jari tangan wanita. Pixabay.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Jangan pernah remehkan pentingnya jari-jari yang kita miliki. Salah satu saja jari merasa sakit, misalnya luka saat memotong kuku atau terkilir, pasti aktivitas yang biasa dilakukan jadi tak nyaman bahkan berantakan.

Baca: Beli Foundation Dicoba di Punggung Tangan, Itu Percuma

Kegiatan menulis, mengetik, menangkat barang, makan, minum, dan lainnya membutuhkan jari-jari tangan yang kuat sekaligus lentur. Jadi, tunggu apa lagi, mari kita lakukan beberapa latihan berikut untuk mendapatkannya.

1. Mengangkat jari

Jari-jari yang lentur bisa diperoleh dengan gerakan mengangkat jari. Letakkan telapak tangan kanan di atas meja. Lalu, angkat jempol dan tahan posisi selama 5 detik. Lanjut ke telunjuk hingga kelingking secara bergantian. Ulangi sampai 5 kali pada masing-masing jari. Lakukan hal yang sama pada telapak tangan kiri.

2. Mengayunkan telapak tangan

Otot-otot untuk menggerakkan jari-jari tangan terdapat di lengan bagian atas. Latihan berayun akan membuat otot lebih lentur sehingga jari-jari tangan juga lentur.

Caranya, siapkan sebuah handuk kecil yang telah digulung. Letakkan di atas meja dan posisikan lengan kanan atas di atas handuk. Biarkan telapak tangan kanan menggantung di sisi meja. Secara perlahan, angkat telapak tangan ke atas dan dorong ke bawah. Ulangi sampai 10 kali dan ganti dengan telapak tangan kiri.

3. Menyentuh ibu jari

Berlatih menyentuh ibu jari atau jempol akan membuatnya lebih luwes sehingga memudahkan memegang barang. Caranya, letakkan tangan kanan di depan tubuh dengan jari-jari tangan menghadap ke atas.

Posisikan ujung jempol bersentuhan dengan ujung jari-jari lain secara bergantian seperti membentuk huruf O. Tahan posisi ini selama 30 detik pada masing-masing jari. Ulangi sampai 4 kali pada masing-masing jari dan ganti dengan tangan kiri.

4. Mengepal

Atasi rasa kaku pada jari tangan dengan mengepalkannya. Mulai dari mengepal tangan dengan lembut dan posisi ibu jari menyilang di luar jemari lainnya. Tahan selama 30 detik.

Buka kepalan dan rentangkan jari-jari tangan hingga terasa seperti tertarik, bukan rasa sakit. Ulangi sampai 4 kali dan ganti dengan telapak tangan kiri.

5. Meregangkan jari tangan

Latihan ini akan meningkatkan kelenturan cakupan gerakan jari-jari tangan. Posisikan telapak tangan kanan di depan tubuh. Tekuk jari-jari tangan hingga ujung jari menyentuh dasar jari seperti membentuk cakar. Tahan selama 30 detik. Ulangi sampai 4 kali dan lakukan bergantian dengan telapak tangan kiri.

6. Buka tutup ibu jari

Rutin melakukan gerakan buka tutup ibu jari akan memudahkanmu mengangkat botol atau kaleng yang berat. Awali dengan mengalungkan karet gelang pada telapak tangan kanan. Secara perlahan, dorong jempol sejauh mungkin dari telapak tangan. Tahan selama 30 detik dan kembali ke posisi semula. Ulangi sampai 5 kali dan ganti dengan telapak tangan kiri.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."