Tak Punya Barbel untuk Melatih Otot Tangan, Ganti dengan Handuk

Ilustrasi olahraga dengan dumbell. livestrongcdn.com

kesehatan

Tak Punya Barbel untuk Melatih Otot Tangan, Ganti dengan Handuk

Senin, 4 Februari 2019 08:00 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu alat yang digunakan untuk melatih otot tangan adalah barbel atau dumbell. Ada juga alat bantu lain yang tak kalah populer yaitu alat yang berbentuk karet. 

Namun jika tak memiliki alat-alat bantu tersebut, Anda tetap dapat melatih otot tangan dengan sehelai handuk. Ya, sehelai handuk di rumah bisa digunakan untuk mengencangkan otot dengan variasi gerakan berikut ini. 

#1. Push and Pull Chest Press Posisikan kedua tangan memegang handuk di depan dada Anda. (Prevention)

(Prevention)

Awali dengan kedua tangan memegang handuk di depan dada. Posisi kedua siku membentuk sudut 90 derajat pada sisi tubuh. Secara perlahan, dorong lengan kiri ke depan dan tarik tangan kanan ke belakang secara bersamaan. Tahan selama 2 detik dan dorong lengan kanan ke depan serta lengan kiri ke belakang. Ulangi secara bergantian hingga 30 kali.

#2. Triceps Toner Gerakan ini dapat memperkuat otot trisep Anda (Prevention)

(Prevention)

Perkuat otot trisep dengan gerakan satu ini. Siapkan sebuah handuk dan pegang dengan tangan kanan di belakang kepala. Biarkan handuk menggantung dan pegang ujung bawah handuk dengan tangan kiri. Tarik handuk dengan tangan kanan dan tahan dengan tangan kiri. Tarik hingga lengan bawah kanan Anda terangkat dan tahan hingga lengan bawah kiri terangkat juga. Lakukan secara bergantian antara lengan kanan dan kiri. Ulangi hingga 30 kali.  

#3. Biceps Curl Gerakan ini cukup mudah dengan angkat lutut kiri hingga sejajar dengan lantai kemudian lilitkan handuk tepat dibwah lutut. (Prevention)

(Prevention)

Untuk menyasar otot bisep, gerakan ini mudah dilakukan. Cukup angkat lutut kiri hingga sejajar dengan lantai. Kemudian, lilitkan handuk tepat di bawah lutut kiri. Kedua tangan memegang kedua ujung handuk. Secara bersamaan, dorong lutut kiri ke bawah dan dorong kedua lengan bawah ke arah dada. Pastikan kedua siku tetap berada di sisi tubuh. Tahan selama 2 detik dan kembali ke posisi semula. Ganti kaki dan ulangi hingga 10 kali pada masing-masing kaki.

#4. Towel Row Gerakan towel row dapat melatih otot lengan dan punggung. (Woman Health)(Woman Health)

Melatih otot lengan dan punggung dengan towel row. Caranya, kalungkan handuk pada tiang atau knop pintu. Pastikan tiang atau knop tersebut kuat menopang tubuh. Lalu, pegang kedua ujung handuk. Buka kedua kaki selebar bahu dan lakukan squat. Gunakan handuk untuk menyeimbangkan tubuh. Tarik handuk secara perlahan. Rasakan otot punggung seperti teremas. Ulangi gerakan ini hingga 15 kali. 

#6. Push Up Push up dengan menggunakan towel ini merupakan variasi gerakan push up (Pinterest)(Pinterest)

Variasi gerakan push up ini bisa dilakukan dengan bantuan handuk. Caranya, letakkan dua buah handuk di bawah telapak tangan. Setelahya, bersiap dalam posisi push up dengan bertumpu pada lutut. Turunkan tubuh dengan menekan tangan kiri sambil menyeret telapak tangan kanan ke arah kanan tubuh. Angkat tubuh dengan bertumpu pada telapak tangan kiri dan tarik telapak tangan kanan ke posisi semula. Ulangi secara bergantian hingga 30 kali. 

#7. Plank WalksGerakan Plank Walks ini kebalikan dari gerakan push up (Reebook)(Reebook)

Kebalikan dari push up, tempatkan kedua handuk pada bagian kaki. Bersiap dalam posisi plank. Tubuh bertumpu pada ujung-ujung jari kaki dan kedua telapak tangan yang tepat berada di bawah bahu. Dorong kedua telapak tangan seolah sedang berjalan sekitar 15 centimeter ke depan namun kedua kaki tetap diam di tempat. Lalu, dorong kedua telapak tangan seolah berjalan mundur. Ulangi hingga 20 kali.

AURA