Tips Makeup Khusus Pemilik Freckles di Wajah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Bintik-bintik palsu atau freckles palsu. Beberapa merek telah memproduksi pensil khusus untuk membuat tampilan dengan bintik-bintik palsu. Ada juga yang menggunakan teknik semi permanen dengan biaya sekitar 200 Poundsterling atau Rp 3,6 juta demi memiliki bintik-bintik khas di wajah. instagram.com

Bintik-bintik palsu atau freckles palsu. Beberapa merek telah memproduksi pensil khusus untuk membuat tampilan dengan bintik-bintik palsu. Ada juga yang menggunakan teknik semi permanen dengan biaya sekitar 200 Poundsterling atau Rp 3,6 juta demi memiliki bintik-bintik khas di wajah. instagram.com

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaMakeup dapat mengubah penampilan seseorang. Mulai dari tampilan flawless, bold, atau natural dengan makeup. Namun buat beberapa orang yang memiliki freckles kadang bingung menentukan, harus ditutupi dengan full makeup atau hanya area freckles saja.

Baca juga: Full Makeup Vs Effortless Beauty, Kuncinya Ada di Sini

Jika masih ragu mau menutupi freckles atau tidak dengan makeup, ada beberapa tips yang dapat dilakukan dari beberapa makeup artist, seperti dikutip dari laman Self berikut ini.

Persiapan umum

#1. Kulit
Mulailah dengan membersihkan dan melembabkan kulit agar makeup menempel sempurna. Ketika kulit sangat terhidrasi, freckles akan terlihat lebih jelas dan kulit terlihat bercahaya. Setelah itu jangan lupa gunakan tabir surya.

#2. Pilih produk yang sesuai dengan warna kulit, bukan freckles
Makeup artist Carly Giglio mengatakan pilih foundation yang sesuai dengan warna kulit, bukan freckles yang cenderung lebih dingin. Jika freckles membuat Anda bingung lihat warna kulit bagian leher dan dada untuk mencari warna foundation atau concealer yang tepat.

#3. Gunakan kuas kecil atau jari saat mengaplikasikan concealer
Cara terbaik untuk mengaplikasikan concealer adalah dengan menggunakan ujung jari atau kuas yang ujungnya runcing.

#4. Gunakan cream blush
Blush on berbentuk krim akan terlihat lebih menempel dan hidup pada semua warna kulit. Sehingga membuat kulit tampak merona alami.

Jika kamu ingin memamerkan freckles, ikuti tips berikut ini:

#1. Pilih produk coverage-nya tipis 
Kunci untuk membiarkan freckles terlihat adalah pilih yang produk yang cakupannya lebih paling rendah. "Hindari semua foundation yang cakupannya sedang hingga penuh dan blush on bubuk, pilih yang berbentuk krim,” ujar Ashleigh Ciucci. Hal ini berarti Anda dapat menggunakan produk-produk ringan seperti tinted moistuirizer, atau concealer.

#2. Mencampur produk yang ada dengan pelembab
Anda dapat mencampur foundation yang formulanya berat dengan foundation yang formulanya ringan.

#3. Samarkan titik-titik noda di area freckles
Sebelum menggunakan concealer di area freckles, baurkan concealer sebanyak mungkin di atas pelembap supaya tidak terlihat cakey.

#4. Sempurnakan freckles dengan pensil alis
Anda dapat membuat freckles terlihat jelas dengan men-tap pensil alis pada area itu. Tentu saja pilih yang warnanya sesuai dan ujung pensil yang kecil agar lebih presisi.

#5. Tambahakan warna lipstick yang hangat
Kebanyakan freckles cenderung cool-toned, jadi ini harus diingat saat memilih warna bibir. Namun, jika Anda suka bereksperimen dengan kontras, bibir adalah tempat yang baik untuk mencobanya. Makeup artist Jamie Dorman mengatakan saat ia merias seseorang dengan freckles ia akan memilih lipstick berwarna merah dengan nuansa oranye.

Namun jika ingin menutupi freckles, perhatikan tips ini.
Makeup dengan cakupan yang tebal pada wajah dengan freckles yang belum disamarkan dengan color corrector akan terlihat aneh. Jadi sebaiknya gunakan primer yang mengkoreksi warna akan menetralisir warna, selain mempersiapkan kulit lebih lanjut untuk riasan. Pilih korektor warna berdasarkan warna freckles. Jika freckles lebih merah, pilih color corrector warna hijau, color corrector kuning akan menetralkan warna ungu yang lebih gelap.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."