Full Makeup Vs Effortless Beauty, Kuncinya Ada di Sini

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Selasa, 27 Maret 2018 07:43 WIB
Full Makeup Vs Effortless Beauty, Kuncinya Ada di Sini

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada banyak konsep riasan wajah yang biasanya diterapkan para makeup artist. Ada yang menggunakan full makeup dan ada pula yang menerapkan effortless beauty atau dengan kata lain makeup no makeup.

Baca juga:
Pilih Lipstik Matte, Jangan Cuma Perhatikan Warna
Effortless Beauty Ifan Rivaldi : Kim Kardashian Vs Putri Diana
Warna Eyeshadow yang Cocok dengan Kulit Perempuan Indonesia

Dari namanya, jelas kalau full makeup berarti memakai kosmetik yang membuat riasan pas di wajah sehingga penampilan terlihat sempurna. Sedangkan effortless beauty atau makeup no makeup memberikan hasil akhir yang natural dengan makeup tipis.

Apapun konsep makeup yang dipilih, makeup artist Ade Beby memberikan satu catatan penting, yakni kondisi kulit. Terutama untuk makeup effortless beauty, kulit sehat menjadi syarat utama.

"Saat kulit sehat, pakai bedak dan lipstik saja sudah cukup. Namun kalau kulit tidak sehat, jangan berharap ingin tampil dengan riasan effortless seperti Putri Marino atau Luna Maya," kata Ade Beby.

Durasi pengerjaan effortless makeup, menurut Ade Beby sekitar 10 sampai 15 menit tergantung kebutuhan. Menurut dia, makeup no makeup ini cocok diterapkann untuk kegiatan ringan, seperti mengantar dan menjemput anak sekolah, ke pasar atau mall, ke kantor, dan kuliah.

Untuk menerapkan makeup no makeup, Ade Beby menjelaskan caranya dimulai dari memakai pelembap, bedak, lipstik, dan maskara, serta sisir alis. "Jangan keluar rumah benar-benar polos, tanpa bedak. Karena kita enggak pernah mengetahui, di luar sana akan bertemu siapa," ucap Ade Beby. "Semua tipis-tipis saja."

Sementara itu riasan full makeup, menurut Ade Beby, diterapkan dengan memberikan beberapa lapis kosmetik dan teknik tertentu untuk menutupi kekurangan wajah. Dari pelembap, alas bedak, concealer, eye primer, krim shading, krim contouring, eyeliner, hingga memasang bulu mata palsu.

"Full makeup atau riasan penuh biasanya diaplikasikan ketika hendak menghadiri pesta, syuting, atau pemotretan. Riasan full dibutuhkan untuk mempertahankan kerapian dan kesempurnaan penampilan," ucap Ade Beby yang biasanya mendandani Ruth Sahanaya dan Ussy Sulistiawaty. Adapun lamanya pengerjaan full makeup membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

AURA