Anak Makan Sambil Main Gawai dan Nonton TV, Awas Obesitas

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi anak makan sambil bermain gadget. Kuali.com

Ilustrasi anak makan sambil bermain gadget. Kuali.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Anak-anak yang tidak terbiasa makan bersama di meja makan berisiko mengalami obesitas. Hal ini diungkapkan oleh Dame Sally Davies, dokter yang juga Kepala Pejabat Medis di Inggris, seperti yang dilansir The Telegraph.

Davies menyebut anak-anak kerap mengalami masalah berat badan berlebih jika mereka terbiasa makan di depan televisi atau komputer.

Artikel lain:
Psikolog Ungkap 3 Dampak Negatif Anak Kecanduan Gadget
Keca
nduan Gawai, Ini 3 Terapi untuk Menghentikannya

 

“Ketika orang menggunakan layar gawai atau menonton televisi, asupan kalori meningkat drastic sebab Anda tidak berkonsentrasi terhadap makanan dan interaksi sosial lewat gawai tidak melibatkan perasaan sehingga Anda tidak mudah mengenali rasa kenyang,” ujar Davies.

Pengalihan oleh gawai dan televisi akan menurunkan sensitivitas terhadap rasa kenyang sehingga meningkatkan konsumsi berlebihan. Davies menekankan makan bersama di meja makan juga menjadi proses yang krusial untuk perkembangan intelektual anak.

Baca juga:

Anak Kecanduan Gawai Berarti Alami Gangguan Mental

 

“Kami ingin agar orang-orang duduk dan makan bersama dan sebenarnya jika Anda memperhatikan perkembangan anak, mereka butuh berinteraksi dengan keluarga dan waktu makan bersama adalah bagian penting dari itu,” jelas Davies.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."