Ibu, Jangan Lupa Luangkan Waktu untuk Anak meski Sibuk Bekerja

Ilustrasi ibu bertemu anak sepulang kerja. cafemomstatic.com

keluarga

Ibu, Jangan Lupa Luangkan Waktu untuk Anak meski Sibuk Bekerja

Minggu, 16 Desember 2018 16:56 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang tua yang sibuk bekerja bukan berarti tidak punya waktu berkualitas dengan anak. Seringkali, orang tua sudah terlalu lelah untuk bermain dengan anaknya saat pulang kerja.

Karena itu, orang tua tidak memberikan waktu berkualitas untuk anak. Padahal, waktu berkualitas tidak perlu lama, hanya butuh 15-30 menit setiap hari. Psikolog anak Ayoe Sutomo menjelaskan kalau menghabiskan waktu dengan anak tidak perlu waktu yang banyak.

Artikel lain: Anak Jadi Selebgram, Orang Tua Pahami Risiko dan BatasannyaApa Camilan Sehat yang Bikin Orang Tua dan Anak Lengket?

 

“Kalau kualitasnya bagus, 15-30 menit sudah waktu yang sangat cukup, dengan catatan waktunya penuh untuk anak saja,” jelas Ayoe Sutomo.

Orang tua tidak boleh sambil bermain gawai atau bekerja. Menghabiskan waktu berkualitas bukan hanya menghabiskan waktu bersama, tetapi membangun kedekatan yang lebih baik antara orang tua dan anak. Orang tua harus berinteraksi dan berbincang dengan anak.

“Bermain dengan anak itu bukan mengawasi. Kadang-kadang orang tua bermain dengan anak itu ya sudah anak main, orang tua kemudian hanya melihat saja. Tidak seperti itu,” lanjut Ayoe.

Waktu juga bisa disesuaikan dengan jam biologis anak. Bila anak suka tidur lebih cepat dan bangun pagi, orang tua sebaiknya menghabiskan waktu berkualitas pada pagi hari. Bila anak tidur malam dan bangun siang, bermain dengan anak sebelum dia tidur. Bermain dengan anak juga bisa dilakukan dengan cara kreatif. 

Baca juga:Kedekatan Emosional Orang Tua - Anak Bikin Anak SuksesBekal Supaya Anak Pandai Bergaul Saat Dewasa Nanti

“Seringkali orang tua memiliki waktu terbatas dengan anak, lalu mau ngapain ya? Akhirnya ya berdua tapi main gadget, itu lagi itu lagi. Orang tua harus kreatif di waktu tersebut,” tutur Ayoe.

Orang tua harus bisa memikirkan cara-cara kreatif untuk bisa meningkatkan kedekatan emosional dengan anak. Bila orang tua bisa melakukan hal tersebut, 30 menit setiap hari sudah cukup untuk menjaga kedekatan emosional yang baik.

ASTARI SAROSA