Wajah Ratna Sarumpaet Bengkak Operasi Plastik, Berapa Lama Pulih?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Aktivis Ratna Sarumpaet saat konfrensi pers terkait berita bohong soal Pengeroyokan yang terjadi pada dirinya, Rabu, 3 Oktober 2018 di Jakarta Timur. TEMPO/TAUFIQ SIDDIQ

Aktivis Ratna Sarumpaet saat konfrensi pers terkait berita bohong soal Pengeroyokan yang terjadi pada dirinya, Rabu, 3 Oktober 2018 di Jakarta Timur. TEMPO/TAUFIQ SIDDIQ

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Foto wajah Ratna Sarumpaet dalam kondisi bengkak membuat publik heboh. Awalnya, Ratna Sarumpaet mengaku wajahnya bengkak karena dipukuli di Bandung, Jawa Barat, pada 21 September 2018. Namun belakangan Ratna Sarumpaet mengaku dia berbohong.

Baca juga:
Heboh Ratna Sarumpaet, Perhatikan Dampak ke Anak dan Keluarga

Ratna Sarumpaet mengatakan wajahnya bengkak karena menjalani operasi sedot lemak di Rumah Sakit Khusus Bedah Bina Estetika, Jakarta. Dokter bedah plastik Tompi sejak awal menduga wajah Ratna Sarumpaet bengkak bukan karena dipukuli. Tompi yang juga penyanyi ini menyatakan bengkak pada wajah Ratna Sarumpaet adalah dampak dari operasi plastik.

Tompi menjelaskan, bengkak pascaoperasi plastik wajar terjadi dan memang terlihat seperti habis dipukuli. Hanya saja, ada perbedaan antara bengkak karena operasi dan bengkak karena dipukuli. Salah satunya, menurut Tompi, kondisi bengkak di wajah yang simetris, antara mata kanan dan kiri, pipi kanan dan kiri, dagu, serta dahi.

Kiri: foto Ratna Sarumpaet dengan wajah lebam yang diakuinya akibat penganiayaan, disebar lewat akun Twitter Rachel Maryam pada awal Oktober 2018. Kanan: Foto Ratna yang diambil pada 9 April 2018. Twitter.com/cumarachel (kiri) ; TEMPO/Subekti

"Proses penyembuhan bengkak terjadi pada tiga sampai lima hari setelah operasi," kata Tompi di Klinik Beyoutiful, Jakarta Selatan, Rabu 3 Oktober 2018. Setelah lima hari, dia melanjutkan, bengkak pada wajah akan mereda dan pendarahan sudah mulai tertutup. Wajah hasil operasi plastik akan terlihat normal setelah 2 sampai 3 minggu. Untuk penyembuhan total membutuhkan waktu setahun.

Wakil Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI), Irena Sakura Rini menjelaskan pembengkakan adalah proses alami setelah bedah plastik. “Kalau kita melakukan suatu trauma pada tubuh pasti bengkak,” kata Irena. Dia mengatakan kalau bengkak itu bukan kondisi yang perlu dikhawatirkan.

Irena juga mengatakan setelah operasi plastik, pasien tetap bisa beraktivitas seperti biasa, hanya ada beberapa pantangan, salah satunya tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Bila mengikuti instruksi dari dokter dengan baik, seperti minum cukup dan bagian yang luka tidak terkena air, maka pembengkakan akan lebih cepat kempis.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lainnya:
Ratna Sarumpaet Pajang Foto Anak Atiqah Hasiholan, Ada Maksudnya

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."