Ini Masalah Rambut yang Muncul Sejak Usia 15 Tahun

Ilustrasi rambut rusak. Shutterstock.com

kecantikan

Ini Masalah Rambut yang Muncul Sejak Usia 15 Tahun

Selasa, 25 September 2018 17:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Masalah rambut yang paling sering terjadi pada wanita Indonesia adalah ketombe. Jika sudah mengalami ketombe, dapat menyebabkan masalah rambut lainnya. Selain itu, ketombe juga menjadi alasan utama wanita membutuhkan perawatan rambut.  

Baca juga: Ramuan Jahe Bikin Rambut Subur dan Usir Ketombe 

Berdasarkan riset kuantitatif H&E pada tahun 2017, terhadap 523 wanita di seluruh Indonesia, ketombe disebabkan oleh debu, kotoran, panas dan stres. Biasanya, ketombe mulai muncul saat mulai melewati masa pubertas, sekitar usia 15 tahun.

Ilustrasi ketombe. shutterstock.com

Selain dari keadaan hormonal, tentunya ada faktor lain yang menyebabkan orang mulai khawatir dengan ketombe di usia 15 tahun. “Penyebab utama dari hasil riset kita karena memang iklim. Temperatur yang panas bikin berminyak menyebabkan bakteri penyebab ketombe gampang berkembang biak,” ujar Essy Prita Cinta, Senior Brand Manager Clear, di Empirica, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Debu dari kotoran, terutama untuk orang-orang yang tinggal di perkotaan, juga dapat membuat bakteri berkembang dengan baik. Sebab itu, Essy menambahkan untuk mencegah ketombe datang lagi, hindari faktor penyebabnya. "Seperti kotoran, debu, minyak, stres,” lanjutnya. Tak hanya itu, sejak usia 15 tahun jika sudah mengalami masalah rambut seperti ketombe sudah dapat menggunakan sampo khusus. 

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lain:Yuni Shara Kembali, Rambut Bondol dengan Sentuhan MdoernNindy Ayunda dan Putrinya Kompak Modifikasi Gaya Rambut