Ini Masalah Rambut yang Muncul Sejak Usia 15 Tahun

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi rambut rusak. Shutterstock.com

Ilustrasi rambut rusak. Shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Masalah rambut yang paling sering terjadi pada wanita Indonesia adalah ketombe. Jika sudah mengalami ketombe, dapat menyebabkan masalah rambut lainnya. Selain itu, ketombe juga menjadi alasan utama wanita membutuhkan perawatan rambut.  

Baca juga: Ramuan Jahe Bikin Rambut Subur dan Usir Ketombe 

Berdasarkan riset kuantitatif H&E pada tahun 2017, terhadap 523 wanita di seluruh Indonesia, ketombe disebabkan oleh debu, kotoran, panas dan stres. Biasanya, ketombe mulai muncul saat mulai melewati masa pubertas, sekitar usia 15 tahun.

Ilustrasi ketombe. shutterstock.com

Selain dari keadaan hormonal, tentunya ada faktor lain yang menyebabkan orang mulai khawatir dengan ketombe di usia 15 tahun. “Penyebab utama dari hasil riset kita karena memang iklim. Temperatur yang panas bikin berminyak menyebabkan bakteri penyebab ketombe gampang berkembang biak,” ujar Essy Prita Cinta, Senior Brand Manager Clear, di Empirica, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Debu dari kotoran, terutama untuk orang-orang yang tinggal di perkotaan, juga dapat membuat bakteri berkembang dengan baik. Sebab itu, Essy menambahkan untuk mencegah ketombe datang lagi, hindari faktor penyebabnya. "Seperti kotoran, debu, minyak, stres,” lanjutnya. Tak hanya itu, sejak usia 15 tahun jika sudah mengalami masalah rambut seperti ketombe sudah dapat menggunakan sampo khusus. 

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Artikel lain:
Yuni Shara Kembali, Rambut Bondol dengan Sentuhan Mdoern
Nindy Ayunda dan Putrinya Kompak Modifikasi Gaya Rambut

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."