Dampak Rupiah Melemah Terhadap Kosmetik Impor

Reporter: Cantika.com
Editor: Yunia Pratiwi
Rabu, 12 September 2018 17:10 WIB
Dampak Rupiah Melemah Terhadap Kosmetik Impor

CANTIKA.COM, Jakarta - Nilai tukar rupiah melemah tentu saja membuat beberapa konsumen khawatir mengenai kenaikan harga untuk produk langganannya, terutama produk-produk impor. Kurs rupiah bahkan sempat menyentuh angka 15.000 per dolar Amerika Serikat. 

Baca juga: Lika-liku Sampai Jadi Kosmetik Halal dan Baik

Melemahnya nilai tukar rupiah tentu saja membuat beberapa konsumen khawatir mengenai kenaikan harga untuk produk langganannya, terutama produk-produk impor. Ketua Umum Persatuan Perusahaan Kosmetik Indonesia atau Perkosmi, Sancoyo Antarikso, menjelaskan kalau melemahnya nilai tukar rupiah dapat menyebabkan kenaikan harga pada produk kosmetik impor.

“Untuk produk kosmetik impor, pelemahan rupiah tentu akan menyebabkan kenaikan harga beli dalam rupiah. Maksud saya, kalau harga USD 10, pelemahan rupiah 100 rupiah terhadap dolar tentu akan menambah harga beli sebesar 1.000 rupiah,” jelas Sancoyo kepada Tempo.

Namun, setiap perusahaan bisa memiliki strategi masing-masing untuk menyikapi perubahan ini. “Tergantung strategi pricing dari masing-masing perusahaan. Banyak cara untuk menyikapinya. Ada yang melakukan efisiensi di biaya, adjustment di sizeadjustment di formulasi, ada yang menaikkan harga jual ke konsumen atau kombinasi,” lanjutnya.

Sedangkan untuk produk yang diproduksi kemungkinan besar tidak akan memiliki perubahan harga atau tidak terdampak dari melemahnya nilai tukar rupiah. “Namun saya masih harus pelajari lagi lampiran PMK (Peraturan Menteri Keuangan)-nya, apakah ada bahan baku yg terdampak,” tutur Sancoyo.

Artikel lain: 5 Kandungan Kosmetik Berbahaya dan Apa Akibatnya buat Kulit