5 Kandungan Kosmetik Berbahaya dan Apa Akibatnya buat Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi peralatan make up. shutterstock.com

Ilustrasi peralatan make up. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Temuan Badan Pengawas Obat dan Makanan atau BPOM terhadap kosmetik ilegal membuat kita harus waspada sebelum membeli atau memakai produk makeup. Dari temuan BPOM, berbagai kosmetik ilegal, baik impor maupun lokal, itu mengandung zat berbahaya untuk kulit dan kesehatan secara keseluruhan.

Baca juga:
Wajib Tahu Merek Kosmetik Berbahaya Berikut Ini

Dokter spesialis kulit dan kelamin dari ZAP Beauty Clinic, Anestesia Tania, mengatakan kosmetik ilegal berarti kandungannya belum diuji BPOM dan tidak bisa kita ketahui, apakah zat yang ada di dalamnya aman atau tidak buat kulit. Dalam beberapa kasus, menurut dia, kandungan berbahaya dari kosmetik ilegal membuat kulit iritasi, menimbulkan jerawat, dan bisa memicu kanker.

"Kosmetik ilegal itu berbahaya untuk kulit, karena pembeli tak tahu kandungan sebenarnya dari produk itu dan apakah kadarnya melebihi batas aman atau tidak," ucapnya. Beberapa bahan berbahaya yang terdapat dalam produk kosmetik ilegal, menurut dia, diberikan untuk memberikan efek instan dan supaya bisa dijual dengan murah.

Ilustrasi makeup. Boldsky

Berikut ini bahan berbahaya yang bisa menimbulkan dampak negatif pada kulit, menurut Anestesia Tania.

1. Merkuri
Zat ini biasanya terkandung pada krim dan bedak ilegal. Merkuri mengandung logam berbahaya yang bisa menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit dan flek hitam yang sulit hilang.

2. Timbal
Bahan ini biasanya terkandung dalam produk kosmetik ilegal untuk mata dan bibir. Timbal mengandung logam berbahaya yang bisa menyebabkan kanker kulit.

3. Arsen
Arsen merupakan zat kimia yang umumnya dimasukkan ke dalam bedak dan lipstik ilegal. Arsen juga mengandung racun yang bisa menyebabkan kanker kulit.

4. Rhabdomin
Zat pewarna yang terkandung pada lipstik ilegal ini juga berpotensi menyebabkan kanker pada bibir.

5. Silikon, asam lemak (isopropyl isostearate), coconut oil, dan lanolin
Empat bahan ini bersifat komedogenik atau menyumbat pori-pori kulit. Kalau memakai kosmetik yang terlalu banyak mengandung bahan tersebut, wajah akan rentan berjerawat, karena pori-pori kulit tersumbat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."