Aqua Zumba, Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

Reporter: Astari Pinasthika Sarosa
Editor: Yayuk Widiyarti
Selasa, 11 September 2018 16:49 WIB
Aqua Zumba, Olahraga yang Aman untuk Ibu Hamil

CANTIKA.COM, Jakarta - Ibu hamil sebaiknya juga berolahraga untuk menjaga kesehatan dan kesegaran tubuh. Namun, tentu saja wanita hamil tidak bisa sembarangan berolahraga dan harus memilih yang aman. Salah satu pilihan yang bisa dicoba adalah aqua zumba, yang aman dilakukan untuk para ibu hamil yang ingin menjaga kesehatan.

“Untuk ibu hamil, ini aman, tetapi untuk lebih amannya ibu hamil setelah trimester pertama,” ujar Eva Susanti Instruktur Aqua Zumba.

Artikel lain:
Liza Natalia Ingin Pecah Rekor Zumba Bersama 25 Ribu Orang
Pilih Jenis Zumba yang Cocok Buat Pemula Hingga Lanjut Usia
Kiat Liza Natalia agar Make Up Tak Luntur saat Zumba
Hasil Studi Ungkap Manfaat Zumba Selain Kesehatan Fisik

Walaupun ada beberapa gerakan yang tidak bisa dilakukan ibu hamil, aqua zumba memiliki banyak manfaat. Eva menjelaskan beberapa manfaat aqua zumba untuk para ibu hamil.

#Memperkuat otot dan pinggul
Sebagai salah satu cara yang bagus untuk berolahraga selama kehamilan, aqua zumba adalah olahraga yang sangat aman saat hamil. Kongres Obstetricians dan Gynecologists Amerika menyatakan aqua zumba aman selama kehamilan karena menjadi cara yang berdampak rendah untuk memperkuat otot dan pinggul. Berolahraga di air juga membantu menjaga otot perut tetap kuat.

#Mengurangi sakit punggung
Olahraga dalam air sangat membantu saat perut semakin membesar dan berat badan ibu naik karena air dapat membantu meringankan berat badan saat berolahraga. Olahraga ini dapat mengistirahatkan punggung dan mengurangi sakit punggung. Karena daya apung air, Anda hanya harus mendukung 50 persen dari berat badan. Hal tersebut membuat sendi dan otot tegang.

#Olahraga sejuk
Aqua zumba dapat membuat Anda tetap merasa dingin saat berolahraga dan tidak berkeringat. Air membuat tetap sejuk saat berolahraga, yang mengurangi risiko kepanasan karena bisa membahayakan bayi yang belum lahir.