Pilih Jenis Zumba yang Cocok Buat Pemula Hingga Lanjut Usia

Liza Natalia (Zumba Brand Ambassador) di Hotel Gran Mahakam, Rabu 29 November 2017 (Tempo/Astari Pinasthika Sarosa)

kesehatan

Pilih Jenis Zumba yang Cocok Buat Pemula Hingga Lanjut Usia

Sabtu, 14 Juli 2018 17:31 WIB
Reporter : Yatti Febri Ningsih Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum mulai olahraga zumba, sebaiknya kita tahu apa saja jenis zumba dan seperti apa gerakannya sehingga dapat disesuaikan dengan kemampuan. Official Brand Ambassador Zumba Indonesia, Liza Natalia mengatakan ada banyak jenis zumba sesuai dengan tingkatan pesertanya. "Zumba bisa disesuaikan dengan usia, mulai dari anak-anak sampai lanjut usia, dan ada pula peralatannya," kata Liza Natalia di One Belpark Mall, Cilandak, Jakarta.

Baca juga:Kiat Liza Natalia agar Make Up Tak Luntur saat ZumbaHasil Studi Ungkap Manfaat Zumba Selain Kesehatan Fisik

Untuk peserta pemula, Liza Natalia menyarankan mereka mengikuti zumba gold. Gerakan pada zumba gold tak memiliki entakkan atau loncatan, sehingga mereka yang belum pernah melakukan gerakan senam hingga gerakan zumba tidak kagok atau terkejut.

Gerakan zumba gold, Liza Natalia melanjutkan, juga cocok untuk peserta dengan usia di atas 50 tahun serta bisa diterapkan kepada orang-orang yang sakit sampai peserta dengan kebutuhan khusus. "Jadi peserta zumba gold bisa mendengarkan musik dan melakukan gerakan yang membuat hati gembira," ucap Liza Natalia.

Zumba Master Class di Hotel Gran Mahakam, Rabu 29 November 2017 (Tempo/Astari Pinasthika Sarosa)

Ada pula jenis zumba yang sedang tren saat ini, yakni strong by zumba. Gerakan pada strong by zumba ini lebih energik dan butuh tenaga yang besar. "Gerakannya kombinasi dari karate dan fitness. Jadi, mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala terlatih semua," kata Liza Natalia.

Sementara jenis zumba yang membutuhkan peralatan tambahan di antaranya, zumba toning, zumba sentao, dan zumba aqua. Di Amerika, zumba toning dilakukan dengan menggunakan alat yang disebut maracas. Lantaran alat ini sulit ditemui di Indonesia, maka bisa diganti dengan dumbbell. Zumba toning bertujuan membentuk otot. Zumba sentao dilakukan dengan menggunakan bantuan kursi, dan zumba aqua dipraktikkan di dalam air.