Mengajarkan Anak Pendidikan Seks, Ada Tahapannya Sesuai Usia

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi anak laki-laki bercerita pada ibunya. cdn.com

Ilustrasi anak laki-laki bercerita pada ibunya. cdn.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pendidikan seks sangat penting diberikan kepada anak-anak. Hal ini bertujuan agar anak tidak menyalahgunakan masalah seks dengan tidak pada tempatnya. 

Baca juga: Alasan Jangan Beri Pendidikan Seks ke Anak Melalui Video Porno

Lantas, kapan dan bagaimana pendidikan seks harus diberikan kepada anak-anak? Psikolog Inez Kristanti mengatakan, pada dasarnya setiap orang itu harus memiliki pendidikan seks seumur hidupnya. "Hanya saja setiap usia tertentu bahasannya berbeda,” ujar Inez saat ditemui di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, beberapa waktu lali.

Inez menambahkan untuk tahap awal pendidikan seks bisa diberikan kepada anak-anak pada rentang usia mulai 3-5 tahun. Pada masa ini, para orang tua bisa memperkenalkan bagian-bagian intim pada tubuh seseorang lengkap dengan pengetahuannya. “Fokus aja sama bagian tubuh. Kasih tau sama anak, mana bagian yang boleh disentuh orang lain dan mana yang tidak,” lanjut Inez.

Tahapan selanjutnya ialah di mana anak-anak sudah mulai mau memasuki masa pubertas. Pada saat ini disampaikan Inez, biasanya anak-anak pada masa ini sudah mulai mengenal atau memiliki ketertarikan kepada lawan jenis mereka. "Masa ini mulai ada ketertarikan dengan lawan jenis. Oleh sebab itu, orang tua harus bisa mengarahkan dan memberitahu apa yang harus dilakukan” kata Inez.

Selain Inez mengingatkan para orangtua sebelum memberitahu anak-anak mereka soal urusan seks, ada beberapa hal yang harus diperhatikan lebih dulu. Salah satunya hubungan hubungan yang baik dengan anak-anak mereka. “Karena kebanyakan orangtua itu gengsi untuk membicarakan soal seks dengan anak-anak mereka. Alangkah lebih baik jika membicarakan ini dengan orang yang memiliki jenis kelamin yang sama, misalkan anak laki-laki dengan ayah dan anak perempuan dengan ibu,” tandasnya.

YATTI FEBRI NINGSIH

Artikel lain: Tiru Cara Novita Angie Beri Pendidikan Seks kepada Anak

 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."