Mari Senyum dan Rasakan 4 Manfaatnya

Ilustrasi perempuan tersenyum. fullhdpictures.com

kesehatan

Mari Senyum dan Rasakan 4 Manfaatnya

Senin, 13 Agustus 2018 15:20 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Seyum, begitu sederhana namun sulit dilakukan jika hati sedang tak karuan. Padahal senyum itu membawa banyak kebaikan, untuk diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga:5 Makna Senyum Bayi Usia 0 Sampai 12 BulanBayi Sandra Dewi dan Titi Kamal Senyum Saat Tidur, Mimpi Apa ya?

Sebaiknya jangan mengabaikan perihal senyuman ini karena ternyata ada kekuatan di baliknya. Banyak penelitian yang sudah mengungkapkan banyaknya manfaat dari senyum. Asalkan jangan senyum-senyum sendiri tanpa sebab, berikut ini manfaat senyum bagi diri sendiri.

1. Meredakan stresTekanan hidup memang tak bisa dihindari. Jika tak pandai-pandai mengelolanya berisiko stres. Ada banyak cara meredakan stres, salah satunya dengan senyuman. Masalah memang tidak akan terselesaikan hanya dengan sebuah senyuman. Namun senyum dapat menstimulasi seseorang untuk berpikir positif dan membuat hati lebih tenang dalam menyikapi masa-masa sulit yang dihadapi.

2. Obat anti-nyeriDari sisi medis, senyuman dapat melepaskan zat endorfin serta serotonin dari dalam tubuh. Kedua zat alami ini bermanfaat mengurangi rasa sakit. Karena itu, senyuman disebut memiliki kekuatan unik sebagai obat anti nyeri. Jadi, meski merasa sakit cobalah untuk mengambil sisi positifnya dan tersenyumlah.

Ilustrasi memberi senyuman. Mondanite.net

3. Menularkan kebahagiaanSenyum merupakan respons otak jika seseorang sedang bahagia. Itu sebabnya saat orang lain tersenyum kepada kita, ada perasaan senang meskipun orang tersebut tidak kita kenal. Senyum memang dapat memengaruhi lingkungan di sekitarmu. Senyuman yang kamu berikan kepada orang lain dapat menularkan kebahagiaan sekaligus membuat hidup lebih sehat.

4. Obat awet mudaKetika seseorang merasa bahagia, dia akan lebih mudah tersenyum dan secara tidak langsung otot-otot di bagian pipi dapat membantu mengangkat otot wajah ke atas. Dengan begitu, lipatan wajah jauh berkurang dan menampilkan kesan yang lebih muda. Berlatih senyum merupakan terapi yang ampuh untuk membuat wajah seseorang lebih menyenangkan dan terlihat muda dari usianya.

TABLOIDBINTANG