Mari Senyum dan Rasakan 4 Manfaatnya

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi perempuan tersenyum. fullhdpictures.com

Ilustrasi perempuan tersenyum. fullhdpictures.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Seyum, begitu sederhana namun sulit dilakukan jika hati sedang tak karuan. Padahal senyum itu membawa banyak kebaikan, untuk diri sendiri maupun orang lain.

Baca juga:
5 Makna Senyum Bayi Usia 0 Sampai 12 Bulan
Bayi Sandra Dewi dan Titi Kamal Senyum Saat Tidur, Mimpi Apa ya?

Sebaiknya jangan mengabaikan perihal senyuman ini karena ternyata ada kekuatan di baliknya. Banyak penelitian yang sudah mengungkapkan banyaknya manfaat dari senyum. Asalkan jangan senyum-senyum sendiri tanpa sebab, berikut ini manfaat senyum bagi diri sendiri.

1. Meredakan stres
Tekanan hidup memang tak bisa dihindari. Jika tak pandai-pandai mengelolanya berisiko stres. Ada banyak cara meredakan stres, salah satunya dengan senyuman. Masalah memang tidak akan terselesaikan hanya dengan sebuah senyuman. Namun senyum dapat menstimulasi seseorang untuk berpikir positif dan membuat hati lebih tenang dalam menyikapi masa-masa sulit yang dihadapi.

2. Obat anti-nyeri
Dari sisi medis, senyuman dapat melepaskan zat endorfin serta serotonin dari dalam tubuh. Kedua zat alami ini bermanfaat mengurangi rasa sakit. Karena itu, senyuman disebut memiliki kekuatan unik sebagai obat anti nyeri. Jadi, meski merasa sakit cobalah untuk mengambil sisi positifnya dan tersenyumlah.

Ilustrasi memberi senyuman. Mondanite.net

3. Menularkan kebahagiaan
Senyum merupakan respons otak jika seseorang sedang bahagia. Itu sebabnya saat orang lain tersenyum kepada kita, ada perasaan senang meskipun orang tersebut tidak kita kenal. Senyum memang dapat memengaruhi lingkungan di sekitarmu. Senyuman yang kamu berikan kepada orang lain dapat menularkan kebahagiaan sekaligus membuat hidup lebih sehat.

4. Obat awet muda
Ketika seseorang merasa bahagia, dia akan lebih mudah tersenyum dan secara tidak langsung otot-otot di bagian pipi dapat membantu mengangkat otot wajah ke atas. Dengan begitu, lipatan wajah jauh berkurang dan menampilkan kesan yang lebih muda. Berlatih senyum merupakan terapi yang ampuh untuk membuat wajah seseorang lebih menyenangkan dan terlihat muda dari usianya.

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."