Bayi Sandra Dewi dan Titi Kamal Senyum Saat Tidur, Mimpi Apa ya?

Ilustrasi Bayi. nnm.ru

Kesehatan

Bayi Sandra Dewi dan Titi Kamal Senyum Saat Tidur, Mimpi Apa ya?

Rabu, 10 Januari 2018 20:01 WIB
Reporter : Astria Putri Nurmaya Editor : Rini Kustiani

TEMPO.CO, Jakarta - Bayi yang sedang tertidur sering kali tersenyum, bahkan ada yang tertawa. Momentum yang lucu ini juga terjadi pada bayi Sandra Dewi, Raphael Moeis, anak kedua Titi Kamal, Kai Attar Sugiono, dan anak Haykal Kamil, adik dari Zaskia Adya Mecca.

Baca juga:Sandra Dewi Tak Sadar Sudah Bukaan 1 dan 2, Sempat Marah ke Suami

Pada video yang diunggah di Instagram Story, Sandra Dewi menunjukkan bayinya sedang tertidur lalu bibirnya tersenyum. "Senyum-senyum memerah akibat dijemur tiap hari biar sehat. Lagi mimpi apa nak?" tulis Sandra Dewi kepada anaknya yang lahir pada Minggu, 31 Desember 2017.

Putra Sandra Dewi, Raphael Moeis tersenyum saat tidur setelah dijemur. Instagram

Anak Titi Kamal juga terseyum ketika sedang tidur. Dalam sebuah video yang diunggah di akun Instagram pada 17 Desember 2017, Titi Kamal juga bertanya, mimpi apa gerangan yang dialami oleh buah hatinya sampai terseyum sambil tidur.

Putra kedua Titi Kamal, Kai Attar Sugiono terseyum saat tidur. Instagram

Ada pula keponakan Zaskia Adya Mecca, putri dari Haykal Kamil yang juga terseyum saat digendong oleh Zaskia Mecca. Bayi bernama Khawla Saila Kamil itu lahir pada Sabtu, 6 Januari 2018.

Zaskia Adya Mecca menggendong keponakannya, Khawla Saila Kamil, putri dari Haykal Kamil. Instagram

Benarkah bayi itu sedang mimpi indah saat tersenyum sembari tidur? Apa makna senyuman bayi Raphael Moeis, Kai Attar Sugiono, dan Khawla Saila Kamil itu?

Mengutip laman parents, senyum bayi usia 0 sampai 6 minggu saat tidur disebut senyum refleksif. Ketika tidur, bayi akan mengalami REM atau Rapid Eyes Movement alias kondisi tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata.

Ketika mata mengalami REM, maka pada bagian tubuh bayi lainnya akan terjadi perubahan fisiologis dan menimbulkan refleks tertentu, salah satunya tersenyum. "Dalam kondisi ini, senyum yang ditunjukkan bayi hanyalah reaksi fisik, bukan menunjukkan tanda-tanda emosional," kata Psikolog Klinis di Dallas, Pamela Garcy.

ASTRIA PUTRI NURMAYA