5 Makna Senyum Bayi Usia 0 Sampai 12 Bulan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Rahasia Senyuman Bayi

Rahasia Senyuman Bayi

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Senyum bayi sangat menggemaskan dan bikin senang orang di sekelilingnya. Dokter anak Charlotte Cowan mengatakan seyuman bayi menunjukkan tumbuh kembangnya. Bayi bisa tersenyum di mana dan kapan saja, termasuk ketika sedang terlelap.

Baca juga:
Bayi Sandra Dewi dan Titi Kamal Senyum Saat Tidur, Mimpi Apa ya?

Orang tua juga sebaiknya mengetahui apa makna senyum pada bayi pada usia 0 sampai 12 bulan. Sebab, setiap tahapan usia bayi memiliki pengertian berbeda dalam menunjukkan senyuman. Berikut ini makna senyum bayi seperti dikutip dari laman Parents:

# 0 - 6 minggu : Senyum Refleksif
Senyum refleksif merupkan senyum bayi yang kerap terjadi saat sedang tidur. Aktris Sandra Dewi dan Titi Kamal mengunggah gambar ketika anak mereka tersenyum ketika tidur. Ketika tidur, bayi akan mengalami REM atau Rapid Eyes Movement alias kondisi tidur yang ditandai dengan gerakan cepat dan acak dari mata.

Putra Sandra Dewi, Raphael Moeis tersenyum saat tidur setelah dijemur. Instagram

Ketika mata mengalami REM, maka pada bagian tubuh bayi lainnya akan terjadi perubahan fisiologis dan menimbulkan refleks tertentu, salah satunya tersenyum. "Dalam kondisi ini, senyum yang ditunjukkan bayi hanyalah reaksi fisik, bukan menunjukkan tanda-tanda emosional," kata Psikolog Klinis di Dallas, Pamela Garcy.

# 6 - 8 minggu : Senyum Responsif
Seiring dengan pertumbuhan bayi, pada tahap ini dia akan mulai tersenyum pada hal-hal yang dianggap menyenangkan. Indra penglihatan, pendengaran, dan perasa menjadi pemantik senyum pada bibir mungilnya ketika bayi melihat dan mendengar sesuatu yang lucu, atau merasa geli.

Seyum bayi pada fase ini merupakan senyum tanpa pilih kasih. Artinya, menurut dokter anak Charlotte Cowan, senyuman terlukis di wajah si kecil bukan berarti dia telah mengenal bahwa ini adalah ibunya, ayahnya, atau siapapun.

# 2 - 6 bulan : Senyum Sosial
Segera hubungi dokter jika bayi belum pernah memberikan senyum, bahkan ketika tidur, pada usia ini. Sebab, di tahap ini bayi mulai mengenali orang yang sering bersamanya, misalnya ibu, ayah, nenek, atau pengasuh. Anak juga mulai bereaksi terhadap suara, mimik, atau sentuhan yang membuat dia senang. Di fase ini, anak juga mulai belajar memberikan reaksi dari senyum yang dia lihat.

Ilustrasi bayi berbicara dengan ibunya.

Nah, ada kalanya anak bereaksi terlalu ekstrem, misalnya tertawa terbahak-bahak lantas diam atau berpaling. Wajar jika itu terjadi karena bayi sedang belajar mengatur emosinya. Dan, nikmatilah waktu bahagia bersama anak.

# 6 - 9 bulan : Senyum Tanda Mengenali
Bayi berusia 6 bulan akan tersenyum ketika melihat seseorang yang dia kenal, meski orang tersebut tidak sedang melucu atau menggodanya. Pada usia ini, si kecil sudah mulai mengenali siapa orang yang dia anggap spesial. Bayi juga lebih mudah cemas ketika melihat orang asing di sekitarnya.

Ilustrasi bayi mandi. sheknows.com

# 9 - 12 bulan : Rasa Humor
Bayi usia ini akan mudah tertawa jika Anda membuat suara yang lucu, dan tertawalah bersamanya. Lakukan sesuatu yang lucu maka si kecil akan berteriak dan tertawa. Pada tahap ini, kejutan adalah elemen besar untuk membuat bayi tertawa.

ASTRIA PUTRI NURMAYA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."