Diet, Bakar Kalori sambil Nostalgia dengan Permainan Masa Kecil

Ilustrasi Olahraga Lunge Bersama Anak/Tabloid Bintang

kesehatan

Diet, Bakar Kalori sambil Nostalgia dengan Permainan Masa Kecil

Selasa, 31 Juli 2018 14:42 WIB
Reporter : Tabloid Bintang Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang yang sedang menjalani diet mesti memperhatikan asupan makanan dan latihan kebugaran. Hanya saja, tak semua orang yang menjalani diet sempat berolahraga. Saking lelahnya, mereka yang diet memilih tetap berada di rumah dan bermalas-malasan ketimbang pergi ke pusat kebugaran untuk berlatih.

Baca juga:2 Jenis Diet yang Sekaligus Mencegah Penyakit KronisMau Diet Keto atau Diet Apapun, Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Untuk menyiasati kemalasan seperti ini, coba ajak mereka untuk bergerak dengan melakukan permainan di masa kecil. Permainan yang kerap dilakukan bersama teman atau saudara akan mengajak kita bernostalgia. Jadi bukan cuma menyenangkan, permainan yang biasa dilakukan anak-anak juga ampuh membakar kalori.

Lantas apa saja permainan di masa lalu yang efektif membakar kalori? Berikut contohnya.

1. Lompat taliOlahraga yang dikenalkan saat sekolah ini bisa membakar hingga 630 kalori per jam sekaligus melatih otot jantung. Ingin membakar kalori lebih banyak, pacu diri dengan memperbanyak lompatan per menit. Mulailah dengan melompat kurang dari 100 kali per menit. Setelahnya, tingkatkan sampai 100 sampai 120 kali lompatan per menit.

Jika berhasil, kamu bisa membakar 700 sampai 800 kalori per jam. Agar lebih menantang, ajak teman untuk beradu lompatan terbanyak atau gunakan tali dengan alat pemberat.

2. Engklek Permainan favorit masa kecil ini dijamin membangkitkan nostalgia. Ajak teman-teman atau keluarga bermain bersama. Biar lebih asyik, variasikan pola engklek. Manfaatnya, kamu bisa melatih kekuatan kaki yang mungkin jarang digunakan akibat gaya hidup pasif. Dan bermain engklek mampu membakar 415 kalori per jam.

3. Sepatu rodaSepasang sepatu roda cocok untuk kamu yang aktif bergerak tapi bosan dengan jogging atau sekadar jalan santai. Bermain sepatu roda juga mengasah jiwa petualang dan melatih keseimbangan tubuh.

Ketika jogging, kalori yang terbakar bisa mencapai 400 sampai 800 kalori per jam. Jangan lupa menggunakan pelindung lutut, siku, pergelangan tangan, dan helm demi keselamatan. Sebaiknya, pilih lintasan yang mulus dan tak terlalu ramai. Hindari lintasan yang menukik karena sepatu roda termasuk permainan yang berisiko.

4. Lempar tangkap bolaCukup bermodalkan bola kasti atau bola sofbol, lempar tangkap pas dimainkan bersama orang terdekat sambil bercengkerama. Pakai sepatu dan sarung tangan khusus untuk menangkap bola. Bermainlah di lapangan agar kamu bebas berlarian mengejar bola. Meski termasuk santai, permainan ini membakar minimal 180 kalori per jam.

5. Hula hoopPermainan ini pasti jadi primadona kaum hawa karena bermanfaat mengencangkan pinggang dan membakar 415 kalori per jam. Bagi pemula, pilih hula hoop dengan diameter yang lebih besar. Semakin besar hula hoop, semakin lambat laju putarannya. Jadi kamu punya waktu untuk menyesuaikan gerakan tubuh dengan putaran hula hoop.

Supaya lebih seru, putarlah hula hoop dengan iringan musik. Jangan takut mencoba variasi gerakan, misalnya memutar hula hoop dengan perut dan punggung atau memutar hula hoop di tangan dan bahu.

6. Kejar-kejaran Walau sudah dewasa, tak ada salahnya bermain kejar-kejaran terutama kamu yang sudah punya buah hati. Selain membakar sampai 320 kalori per jam, bermain kejar-kejaran akan mendorongmu berlari dengan sukarela tanpa memikirkan rasa lelah. Permainan ini bisa divariasikan dengan petak umpat agar anak tak mudah bosan. Bila bermain dengan anak, tentukan batas wilayah bermain yang aman.

AURA