Cara Alami Mencegah Tumor Otak seperti Anak Marcella Zalianty

Marcella Zalianty. TEMPO/Charisma Adristy

kesehatan

Cara Alami Mencegah Tumor Otak seperti Anak Marcella Zalianty

Minggu, 1 Juli 2018 18:03 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Yayuk Widiyarti

CANTIKA.COM, Jakarta - Ayrton Magali Sastra Soeprapto, anak kedua pasangan aktris Marcella Zalianty dan pebalap Ananda Mikola, diketahui menderita tumor otak pada 2014. Kondisinya mulai membaik setelah menjalani perawatan.

Baru-baru ini, penyakit Magali yang berusia 4 tahun 8 bulan, itu ternyata kambuh lagi. Mungkin banyak orang yang belum tahu banyak soal tumor otak sehingga tidak mengerti cara apa saja yang bisa mencegahnya. Salah satu cara yang bisa diambil adalah dengan minyak zaitun.

Artikel lain:Hari Ibu, Marcella Zalianty Ingin Jadi Ibu Zaman NowOgah Diet, Marcella Zalianty Turunkan Berat Badan dengan Cara IniMarcella Zalianty Paham, Ibu Bekerja Bikin Anak - anak Bete2 Jurus Marcella Zalianty Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

Sudah banyak orang yang tahu bahwa minyak zaitun bermanfaat, termasuk juga mencegah kolesterol tinggi. Salah satu manfaat lain dari minyak zaitun menurut studi adalah bisa mencegah munculnya kanker otak.

Sebuah studi mengatakan, senyawa yang ditemukan dalam minyak zaitun dapat membantu mencegah perkembangan kanker di otak

Penelitian tentang asam oleat, bahan utama minyak zaitun telah menunjukkan bagaimana hal itu dapat membantu mencegah gen penyebab kanker berfungsi dalam sel.

Front Page Cantik. Fungsi Minyak Zaitun. shutterstock.com

Asam oleat adalah salah satu kelompok nutrisi yang dikenal sebagai asam lemak merangsang produksi molekul sel yang fungsinya untuk mencegah protein penyebab kanker terbentuk.

"Meskipun kita belum bisa mengatakan bahwa minyak zaitun dalam makanan membantu mencegah kanker otak, temuan kami menunjukkan bahwa asam oleat dapat mendukung produksi molekul penekan tumor di sel yang tumbuh di laboratorium," kata pemimpin peneliti Gracjan Michlewski dari Universitas Edinburgh di Skotlandia.

"Studi lebih lanjut dapat membantu menentukan peran minyak zaitun untuk kesehatan otak," lanjut Michlewski.

Temuan mereka, yang diterbitkan dalam Journal of Molecular Biology, menunjukkan kemungkinan terapi berdasarkan minyak zaitun untuk mencegah kanker otak terjadi.

Para ilmuwan menganalisis pengaruh asam oleat pada molekul sel, yang dikenal sebagai miR-7, yang aktif di otak dan diketahui dapat menekan pembentukan tumor. Mereka menemukan bahwa asam oleat mencegah protein sel, yang dikenal sebagai MSI2, dari menghentikan produksi miR-7.

Dengan cara ini, komponen minyak zaitun mendukung produksi miR-7, yang membantu mencegah pembentukan tumor, kata studi tersebut. Periset membuat penemuan mereka dalam tes pada ekstrak sel manusia dan sel hidup di laboratorium.