2 Jurus Marcella Zalianty Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Marcella Zalianty. TEMPO/Arnold Simanjuntak

Marcella Zalianty. TEMPO/Arnold Simanjuntak

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Aktris Marcella Zalianty sadar betul bagaimana gadget mengambil peran penting dalam kehidupan, tak terkecuali pada anak. Marcella Zalianty menceritakan saat anak-anaknya sering merebut ponselnya sejak mereka berumur 3 tahun.

Baca juga: Marcella Zalianty Minta Polisi Berantas Narkoba Hingga ke Pengedar

Anak-anak Marcella Zalianty, Kana Mahatma Soeprapto yang berumur 6 tahun dan Aryton Magali Sastra Soeprapto, 4 tahun, melarang ibunya bermain ponsel karena mereka juga ingin menggunakan gadget tersebut. “Saya sering dibilang ‘ibu tidak boleh main hape’, eh hapenya malah diambil. iPad saya itu sudah dipakai-pakai terus,” ujar Ketua Peratuan Artis Film Indonesia atau Parfi di kantor Tempo, Jakarta, Rabu, 20 Desember 2017.

Marcella Zalianty bersama Ananda Mikola dan dua putranya, Kana Mahatma Soeprapto dan Aryton Magali Sastra Soeprapto. Instagram

Menurut Maecella Zalianty, Penggunaan teknologi sejak kecil bisa berbahaya untuk perkembangan anak. Sebab itu, dia menerapkan dua cara berikut ini agar anaknya tidak kecanduan teknologi. Pertama, Marcella membatasi penggunaan ponsel hanya sekali atau dua kali dalam seminggu.

Bahkan, di hari sekolah, dia tidak mengizinkan anak-anaknya memegang ponsel. Marcella Zalianty juga membeli kacamata yang khusus untuk melindungi mata anak-anaknya dari layar ponsel, iPad, komputer, dan televisi. Dengan perlindungan tersebut, Marcella masih khawatir karena dia tidak selalu berada di rumah.

Marcella Zalianty dan Ananda Mikola. Instagram

Sebab itu, Marcella Zalianty melancarkan jurus kedua, yakni memberikan aktivitas lain untuk menyalurkan energi anak-anak. “Saya perbanyak les, ada aktivitas tambahan kayak ekstrakurikuler dan les di rumah," ujarnya. Beberapa kegiatan anak pilihan Marcella misalnya berenang, bermain bola, les piano, mengaji, yang akan mengalihkan perhatian mereka dari gadget sekaligus mengurangi keinginan menggunakan perangkat teknologi dari kecil.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."