Awas, Barang Kebutuhan Sehari-hari Ini Bisa Picu Masalah Tiroid

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi tiroid. Shutterstock

Ilustrasi tiroid. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita sering tidak menyadari bahwa hal-hal tertentu di sekitar dapat membahayakan kesehatan. Beberapa benda yang biasa kita temui di rumah pun dapat menyebabkan gangguan tiroid.

Kebanyakan orang mengira bahwa tiroid adalah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh dan hal itu memang benar adanya. Namun, perlu diketahui juga, ada kebiasaan dan beberapa hal di sekitar yang bisa memicu kelainan hormon dalam tubuh, yang dapat menyebabkan hormon menjadi rusak.

Penyakit tiroid, secara sederhana dapat digambarkan sebagai kerusakan kelenjar tiroid, yang terletak di bagian belakang leher. Berbagai jenis penyakit tiroid di antaranya hipotiroidisme, hipertiroidisme, gondok, tiroiditis, dan kanker tiroid.

Artikel lain:
Gigi Hadid Kesal Dibilang Terlalu Kurus di NYFW 2018
Siklus Menstruasi dan Gejala Haid yang Tidak Normal
Mengenal Kelenjar Tiroid, Fungsi, dan Penyakit yang Berkaitan
Gangguan Tiroid Menyerang Wanita Usia Produktif, Apa Gejalanya

Berikut ini adalah beberapa benda yang biasa kita jumpai di rumah, yang ternyata dapat menyebabkan penyakit tiroid, seperti dilansir Boldsky.

  1. Benang gigi
    Salah satu penyebab gangguan tiroid adalah penggunaan benang gigi. Benang gigi dilapisi dengan bahan kimia tertentu untuk memudahkan pembersihan gigi. Bahan kimia ini dapat memicu penyakit tiroid.
  2. Peralatan memasak antilengket
    Banyak orang menggunakan panci dan wajan antilengket untuk memasak. Beberapa peralatan memasak antilengket dilapisi dengan bahan kimia agar memasak jadi lebih mudah. Bahan kimia tersebut dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon yang bisa memicu gangguan tiroid.
  3. Jas hujan
    Penyebab tiroid bisa karena jas hujan yang menggunakan bahan kimia dalam proses pembuatannya. Jika bahan kimia itu bersentuhan dengan mulut atau kulit, Anda dapat terkena risiko penyakit tiroid.
  4. Kotak pembungkus pizza
    Banyak perusahaan menggunakan bahan kimia untuk kotak pembungkus pizza untuk mencegah minyak merembes keluar. Bahan kimia tersebut dapat memicu ketidakseimbangan hormon di dalam tubuh yang berujung pada gangguan tiroid.
  5. Kantung brondong tahan panas
    Kebiasaan yang juga bisa menyebabkan gangguan tiroid adalah menggunakan kantung brondong jagung tahan panas yang biasa digunakan untuk membuat brondong dengan microwave. Kantung brondong ini mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mempengaruhi kelenjar tiroid.
  6. Karpet
    Jika karpet mengandung partikel debu dan racun lain karena tidak dibersihkan secara teratur, itu bisa menjadi salah satu penyebab penyakit tiroid.
  7. Sampo
    Jika sampo berisi bahan-bahan kimia yang diawali dengan kata “perfluoro”, hindari menggunakannya karena dapat memicu penyakit tiroid.
Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."