Pentingnya Skrining Tiroid Cegah Hipotiroid yang Bisa Menular dari Ibu ke Bayi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi tiroid. shutterstock.com

Ilustrasi tiroid. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Tepat pada 25 Mei 2023 merupakan Pekan Kesadaran Tiroid Internasional (ITAW) dan Hari Tiroid Sedunia. Pada program RAISETiroid, diadakannya penandatanganan Nota Kesepahaman sebagai bentuk komitmen bersama untuk terus meningkatkan kapabilitas dokter dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya skrining dan diagnosis gangguan tiroid pada populasi dewasa berisiko tinggi dan skrining hipotiroid kongenital (SHK) pada bayi baru lahir, serta pengobatan hipertiroid dan hipotiroid di Indonesia.

Hipotiroid dapat diwariskan dari ibu ke anaknya dalam beberapa kasus, yaitu Hipotiroid Kongenital pada bayi baru lahir. Kondisi ini dapat menyebabkan masalah kesehatan serius serta disabilitas intelektual. Sementara itu, prevalensi hipertiroid sebanyak 13,2 juta dengan tingkat penanganan yang juga sangat rendah, hanya 6,2 persen.

Oleh karena itu, peningkatan kapabilitas tenaga kesehatan, khususnya dokter di semua multidisiplin ilmu tentang skrining tiroid dan diagnosis gangguan tiroid sedini mungkin sangat penting untuk mencegah komplikasi masalah kesehatan serius lebih lanjut, serta memastikan layanan kesehatan berkualitas terkait penanganan gangguan tiroid dapat diberikan bagi seluruh masyarakat.

Tercapainya tujuan ini dapat dilakukan dengan adanya kolaborasi aktif antar dokter guna meningkatkan deteksi dini sehingga kedepannya dapat mencegah terjadi masalah yang lebih besar. Oleh karena itu PT Merck Tbk ("Merck") menggandeng Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia ("PB IDI") dan Pengurus Pusat Indonesian Thyroid Association ("PP InaTA") hari ini menandatangani Nota Kesepahaman sehubungan dengan program RAISE Tiroid.

Lebih lanjut, Evie Yulin sebagai Presiden Direktur PT Mercks, Tbk menyatakan bahwa dengan edukasi yang tepat kepada masyarakat melalui program RAISE ini. "Kami percaya dengan akses terhadap informasi yang tepat, para dokter dapat mengedukasi masyarakat dengan lebih baik. Penandatangan nota kesepahaman program RAISE Tiroid ini merupakan bagian dari komitmen jangka panjang Merck untuk mendukung dan berperan aktif dalam pembangunan kesehatan, khususnya pada upaya penanganan penyakit gangguan tiroid di Indonesia."

Pilihan Editor: Ketahui Siapa Saja yang Rentan Terkena Tiroid dan Cara Mendeteksinya

WIDYA FITRIANINGSIH 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."