Agar Tidak Lesu saat Berpuasa Ramadan, Coba 11 Makanan Ini

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi buah pisang. shutterstock.com

Ilustrasi buah pisang. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kita mungkin sering merasa letih dan lesu di tengah hari, apalagi saat menjalankan puasa Ramadan seperti sekarang. Padahal pekerjaan masih menumpuk.

Kopi pun menjadi solusi karena dipercaya bisa kembali mendongkrak semangat dan energi. Faktanya, nirkalori pada kopi tak akan menjadi solusi mengusir lesu. Menjaga level energi tetap stabil sangat penting sehingga memilih makanan yang tepat justru lebih dianjurkan daripada minum kopi atau ngemil makanan manis.

Berikut beberapa macam makanan yang bisa membantu melawan rasa lesu secara alami, seperti dilansir India Times.

Baca juga:
Sambut Puasa Ramadan 2018 Bersama Anak, Lakukan Cara Berikut
Menu Buka Puasa dengan Kentang Panggang, Praktis dan Lezat

#Oat
Oat kaya serat dan protein sehingga baik disantap saat sarapan karena mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil.

#Almond
Kaya magnesium yang mampu mengubah gula menjadi energi.

#Quinoa
Protein dan asam amino pada bulir-bulir bebas gluten ini membantu memperbaiki otot dan baik disantap setelah berolahraga.

#Lentil
Bulir-bulir lentil mengandung serat tinggi dan membantu mengontrol kadar gula darah sedangkan kandungan seleniumnya membantu memperbaiki suasana hati.

#Pisang
Mengandung karbohidrat kompleks yang tinggi, gula alami, dan asam amino sehingga baik dijadikan sumber tenaga.

#Telur
Penelitian yang dimuat di International Journal of Obesity menyatakan bahwa orang yang sarapan telur kadar energinya sepanjang hari lebih baik dari yang tidak makan telur.

#Cokelat hitam
Cokelat hitam adalah camilan yang tepat saat lelah karena mengandung kafein seperti kopi. Makan cokelat hitam juga bisa meningkatkan fungsi kognitif.

#Air
Menjaga tubuh tetap terhidrasi sungguh penting sehingga kita perlu minum cukup air sepanjang hari. Menurut penelitian di Journal of Nutrition, dehidrasi sedikit saja sudah bisa menyebabkan rasa lesu dan memperburuk suasana hati.

#Alpukat
Mengandung lemak sehat yang bisa membantu kita merasa kenyang terus dan enerjik untuk waktu yang lama. #Beri biru Beri biru mengandung karbohidrat yang cukup tinggi untuk menjaga energi tanpa gula berlebihan.

#Sayuran hijau
Sayuran berwarna hijau tua mengandung protein dan serat tinggi, juga kaya antioksidan. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."