Jamsu, Teknik Kecantikan Korea Bikin Makeup Tahan Lama

Reporter: Tabloid Bintang
Editor: Rini Kustiani
Selasa, 15 Mei 2018 18:57 WIB
Jamsu, Teknik Kecantikan Korea Bikin Makeup Tahan Lama

CANTIKA.COM, Jakarta - Keringat dan minyak bikin makeup jadi rentan luntur. Akibatnya, kamu perlu touch up lagi untuk membenahi riasan wajah yang mulai pudar atau mbleber ke mana-mana. Selain touch up, ada satu teknik kecantikan dari Korea yang dianggap mampu membuat makeup tahan lama. Namanya teknik jamsu.

Baca juga:
Busana Tasya Kamila Saat Wisuda Bikin Bangga Indonesia
Inneke Koesherawati: Makeup dan Hijab Jangan Sampai Berantem

Dalam bahasa Korea, Jamsu berarti menyelam. Untuk konteks makeup, teknik ini bermakna menyelamkan wajah yang telah dipulaskan makeup ke dalam air selama 30 detik. Dengan melakukan ini, makeup yang dihasilkan akan terlihat matte dan tahan lama.

Mengutip Cosmopolitan, tren kecantikan ini awalnya diperkenalkan oleh seorang blogger kecantikan Jepang dan kemudian jadi tren di Korea pada musim panas. Wajar saja, suhu lingkungan yang tinggi di musim panas membuat makeup lekas meleleh dari wajah dan tak tahan lama.

Jamsu merupakan kebalikan dari teknik baking. Teknik baking artinya pakai bedak, biasanya bedak tabur, untuk sentuhan akhir makeup dan biarkan bedak itu 'meleleh' karena terkena suhu hangat wajah. Dengan melelehnya bedak tabur tadi, maka makeup akan melekat di wajah.


Bedak bayi atau loose powder digunakan untuk teknik Jamsu (dok. Today)

Hampir sama dengan teknik baking, trik Jamsu juga membutuhkan bedak tabur atau bedak bayi sebagai sentuhan akhir setelah memakai foundation. Setelah itu rendam wajah di dalam wadah berisi air dingin selama 30 detik.

Artikel lainnya:
Ikuti Gerakan Yoga Wajah untuk Melatih Otot
Tambah Usia Wajah Akan Terlihat Kotak, Apa Sebabnya?


Teknik jamsu saat wajah direndam di dalam air dingin. (dok. Today)

Jika kulit wajah termasuk kering, cukup rendam wajah ke dalam air selama 15 detik atau kurang dari itu. Namun jika kulitmu berminyak, rendam wajah lebih lama lagi, yakni 30 detik.

TEEN