Efek Psikologis Kehilangan Kedua Orang Tua seperti Citra Kharisma

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Ilustrasi wanita sedih. Shutterstock

Ilustrasi wanita sedih. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Aktris dan presenter Citra Kharisma tengah berduka. Kedua orang tuanya, Bambang Soekijanto, 67 tahun, dan Sri Artiany, 61, ditemukan di laut dalam keadaan tewas. Citra pun mencurahkan kesedihan dan rasa kehilangan di akun @citzkharizma.

Kedekatan mantan presenter “Kiss” tersebut dengan kedua orang tua sangat terlihat. Terbukti beberapa kali citra kerap mengunggah foto kedua orang tuanya saat sedang menghabiskan waktu bersama di Instagram.

Baca: Karakter Orang Tua Zaman Now Bikin Anak Lebih Mandiri

Ikatan darah antara anak dan kedua orang tua memang tak bisa dilepaskan, apalagi hubungan keintiman antara anggota keluarga akan mempengaruhi sisi psikologis anak-anaknya juga.

Citra Kharisma. Tabloidbintang.com

“Pada usia berapapun, kehilangan orang tua tidak pernah mudah karena koneksi paling kuat yang kita alami dengan manusia lain itu adalah dengan orang tua,” kata Rina Olivia, psikolog yang juga Founder Dayaguna Consulting dan juga Professional Coach.

Dampak pada setiap mungkin beraneka ragam, tergantung kedekatan dengan orang tuanya dilihat dari faktor lain seperti anak yang tinggal bersama orang tuanya, atau anak yang memiliki koneksi emosi yang baik dengan orang tuanya dan faktor lainnya.

Situasi orang tua meninggal mendadak tentu tidak mudah bagi setiap orang. Terkadang, orang mungkin merasa semakin dewasa maka akan jadi lebih mudah untuk melepaskan orang tua yang meninggal.

Baca juga: Anak Jadi Selebgram, Orang Tua Pahami Risiko dan Batasannya

Namun hal tersebut sangat bergantung kepada bagaimana komunikasi atau kedekatan emosi antara anak dan kedua orang tuanya. Bahkan bagi orang yang sudah sama dewasanya, usia matang 60 tahun ke atas, kehilangan orang tua pun akan merasakan kehampaan.

“Berapapun usia anak, dalam kondisi tiba-tiba atau tidak kehilangannya, ketika koneksi terputus karena sesuatu yg alamiah sekalipun, rasa hilang pasti ada,” jelas Rina.

Citra kharisma meluapkan kesedihan karena kehilangan kedua orang tuanya. instagram

Kesedihan yang timbul saat kehilangan seseorang merupakan suatu tanda ataupun alarm dari diri kita bahwa sesuatu yang pernah ada telah hilang dan yang menghilang itu berharga. Jadi ketika seseorang kehilangan secara mendadak, akan timbul campuran emosi seperti sedih ataupun marah pada keadaan yang menandakan bahwa hubungan dengan orang yang bersangkutan adalah berharga bagi orang tersebut.

“Sebenarnya alur emosi yang dialami akan beragam,” lanjut Rina menjelaskan.

CANDRIKA RADITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."