Jenis Sayur Dominan Air, Cocok buat Sahur dan Buka Puasa

Ilustrasi makan sayuran. shutterstock.com

kesehatan

Jenis Sayur Dominan Air, Cocok buat Sahur dan Buka Puasa

Kamis, 10 Mei 2018 11:03 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Satu hal yang paling dikhawatirkan saat puasa adalah dehidrasi. Dehidrasi merupakan kondisi ketika tubuh kekurangan cairan sehingga mengganggu metabolisme. Beberapa tanda ketika seseorang terkena dehidrasi adalah kehausan, warna urine lebih pekat, mulut kering dan lengket, mudah mengantuk, cepat lelah, sakit kepala, sampai sembelit.

Baca juga:2 Cara Wanda Hamidah agar Anak Tertarik PuasaPuasa Ramadan, Rossa Berbagi Tips Jaga Kesehatan Ibu dan Anak

Dehidrasi bisa diatasi dengan minum. Para ahli menyarankan minum air putih sebanyak 8 gelas sehari dan lebih baik jika lebih banyak lagi. Selain minum, kebutuhan air pada tubuh juga bisa dipenuhi melalui beberapa jenis sayuran yang tinggi kandungan air.

Mengutip situs Health, sekitar 20 persen dari asupan air harian berasal dari makanan padat, terutama buah dan sayur. Berikut daftar sayuran yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur dan buka puasa agar terhindar dari dehidrasi.

# MentimunIlustrasi tonik mentimun. cooking.nytimes.comMentimun merupakan sayuran yang memiliki kadar air tertinggi, yaitu 96,7 persen. Supaya tambah lezat saat disantap, kamu bisa mencampurkan mentimun dengan yoghurt tanpa lemak, mint, dan es batu.

# SeledriIlustrasi Seledri. organicfacts.netSeledri memiliki kadar air sebanyak 95,4 persen, adapun kandungan kalorinya hanya 6 kalori per tangkai. Sayuran ini juga mengandung folat dan vitamin A, C, dan K. Berkat kandungan airnya yang tinggi, seledri mampu menetralisir asam lambung.

Artikel lainnya:Resep Masakan Sebelum Puasa, Coba Rolade dari Chef Steby Rafael

# TomatIlustrasi jus tomat. worldlifestyle.comTomat memiliki kadar air sebanyak 94,5 persen. Tomat dapat dijadikan campuran sup atau dimakan langsung.

# PaprikaTEMPO/Iqbal LubisPaprika hijau memiliki kandungan air sebanyak 93,9 persen, lebih tinggi dibanding paprika merah dan kuning. Paprika merah dan kuning mengandung 92 persen air. Paprika hijau mengandung banyak antioksidan sama seperti saudara mereka yang sedikit lebih manis.

CANDRIKA RADITA PUTRI