Kecelakaan, Ini yang Harus Dilakukan Ketika Tabrak Orang di Jalan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita sedang berkendara. shutterstock.com

Ilustrasi wanita sedang berkendara. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Kondisi lalu lintas yang padat memaksa setiap pengendara ekstrawaspada terhadap segala sesuatu di sekitarnya. Terutama pengendara sepeda motor yang kerap menyalip di celah antarmobil, bus, atau truk. Belum lagi pejalan kaki dan penyeberang jalan.

Baca juga:
Tips Aman Pakai Ojek Online Buat Perempuan
Perempuan Tak Mahir Nyetir, Mitos Atau Fakta?

Ketika pengendara lengah, bukan tidak mungkin dia akan mencelakai diri sendiri ataupun orang lain. Apabila ada kecelakaan yang disebabkan oleh kelalaian dan membuat orang lain terluka, ada beberapa sikap dan langkah yang harus dilakukan.

Saat kecelakaan terjadi antara mobil dan sepeda motor, terkadang situasi bisa menjadi lebih berbahaya bila memberikan respons yang salah. Mengutip Confused, berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan bila menabrak orang di jalan.

1. Jangan kabur
Ketika menabrak orang atau mengalami kecelakaan saat mengemudi, jangan melarikan diri atau meninggalkan lokasi. Sebab, cara ini hanya akan membuat orang di sekitar kejadian marah. Kamu akan dikejar dan tak menutup kemungkinan terjadi pengeroyokan.

Keluarlah dari kendaraan dan cek keadaan korban. Jika dia masih sadar, tawarkan bantuan, apakah perlu penanganan medis atau tidak. Hati-hati jika korban berpura-pura kesakitan atau berniat buruk ingin memeras. Langsung hubungi polisi dan selesaikan melalui jalur hukum. Namun, apabila ada yang terluka karena kecelakaan ini, bawa korban atau kontak rumah sakit terdekat dan hubungi polisi.

Ilustrasi kecelakaan motor. all-free-download.com

2. Tetap tenang
Emosi cenderung tinggi seusai kecelakaan. Penting untuk tetap tenang, karena marah atau memulai pertengkaran tidak akan membantu mendinginkan suasana dan justru membuat situasi kian parah. Sikap yang tenang juga akan memberikan efek yang mendinginkan kepada orang di sekitar. Jika kamu merasa tidak bersalah, sampaikan dengan perlahan. Apabila tidak mencapai titik temu, sebaiknya laporkan persoalan ini kepada pihak berwajib.

3. Cek apabila ada yang terluka
Seusai kecelakaan, penting untuk memastikan tidak ada orang, termasuk diri sendiri, yang terluka parah. Kamu bisa mengecek korban sadar atau tidak dengan cara menanyakan kondisinya dan mengajaknya bicara.

Artikel lainnya:
Studi: Perempuan Dewasa Mengemudi Lebih Baik dari Pria

Jika pengemudi sepeda motor terluka di tempat kejadian, kamu tidak boleh melepaskan helmnya. Sebab, langkah ini bisa berbahaya, karena kamu tidak tahu ada cedera kepala atau tidak.

4. Amankan lokasi kejadian
Segera menepi seusai kecelakaan dan pastikan posisimu tidak mengganggu pengendara lain yang melintas. Turun dari mobil, nyalakan lampu bahaya, dan jangan lupa kunci mobil supaya tak ada barang-barang di dalam mobil yang hilang. Cek kondisi korban dan tentukan, apakah dia perlu mendapat bantuan medis atau tidak.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."