Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh Anak dan Keterampilan Dasar Mengobati Luka

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi bekas luka. Shutterstock

Ilustrasi bekas luka. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Betadine belum lama ini baru saja meluncurkan kampanye The Unstoppable Family, dalam rangka mengajak keluarga Indonesia untuk melakukan aktivitas bersama anggota keluarga agar lebih aktif. Dalam melakukan aktivitas keluarga yang menyenangkan, terkadang terdapat beberapa hambatan yang menjadikannya sebagai sebuah tantangan bagi para orang tua, salah satunya adalah tempat tinggal yang kurang aman. Padahal, rumah juga dapat menciptakan ruang lingkungan bermain yang aktif pada anak.  

Pakar Kesehatan Doker Gia Pratama mengatakan salah satu aktivitas mudah yang dapat dilakukan bersama adalah bermain bersama. Tentu saja ketika bermain, orang tua wajib memastikan lingkungan maupun peralatan yang digunakan untuk bermain tetap aman. Meskipun aktivitas dilakukan di rumah, faktanya, berdasarkan riset kesehatan dasar menemukan bahwa 44,7 persen kecelakaan terjadi di rumah dan 31,4 persen kecelakaan terjadi di jalan."

Dokter Gia juga menambahkan, cedera apa saja yang umumnya dapat terjadi dalam beraktivitas di rumah. "Cedera yang mungkin paling sering terjadi di lingkungan rumah yaitu memar, luka bakar, luka atau robek, dan ankle sprain," katanya dalam konferensi pers "Be The Unstoppable Family with Betadine!", pada Rabu, 12 Juli 2023. 

Bila sudah terkena luka seperti sayatan atau luka terbuka lainnya, cara perawatannya pun harus tepat, agar bakteri tidak masuk dan menyebabkan terjadinya infeksi. Dokter Gia juga membagikan cara bagaimana menurunkan risiko infeksi melalui tiga cara, "Kita turunkan jumlah paparan bakteri dan tingkatkan imunitas tubuh. Gimana cara meningkatkan imunitas tubuh? Cuma tiga nutrisi yang cukup, olahraga yang rutin atau aktivitas yang cukup, dan istirahat yang cukup." ujarnya. 

Selain itu, sebagai pelindung anak-anaknya, orang tua diharuskan memiliki basic skill atau keterampilan dalam mengatasi luka, yaitu dengan selalu menyediakan obat antiseptik berbahan Povidone Lodine, yang berguna membantu mencegah bakteri masuk. "Apa saja tindakan preventif untuk melindungi anak-anak ya terutama. Harus sediain antiseptik terutama yang berbahan Povidone Lodine." ungkap dr. Gia. 

Pilihan Editor: Tips Memulai Perawatan Luka, Jangan Lupa Cuci Tangan Dulu

AN NISA RISTIANTI 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."