Tips Merawat Rambut Keriting ala Tatyana Akman

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yayuk Widiyarti

google-image
Selebriti Tatyana Akman ditemui usai menghadiri konfrensi pers jelang penayangan film Ini Kisah Tiga Dara di kawasan Senayan, Jakarta, 29 Maret 2016. TEMPO/Nurdiansah

Selebriti Tatyana Akman ditemui usai menghadiri konfrensi pers jelang penayangan film Ini Kisah Tiga Dara di kawasan Senayan, Jakarta, 29 Maret 2016. TEMPO/Nurdiansah

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Rambut keriting butuh perawatan ekstra. Rambut keriting akan tampak cantik dan jadi ciri khas jika dirawat dengan benar. Contohnya bloger kecantikan Agnes Oryza Kristel, 27 tahun dan bintang film ”Ini Kisah Tiga Dara”, Tatyana Akman, 23. Keduanya punya rambut keriting alami yang inda, meski sempat dirundung karenanya.

Agnes kecil pilih meluruskan rambutnya sedangkan Tatyana kecil mencatok rambutnya agar terlihat lurus. Kala itu, keduanya yang duduk di bangku sekolah percaya rambut lurus lebih cantik. Masuk ke perguruan tinggi, dua wanita ini berhenti meluruskan rambut.

"Akhirnya aku muak karena harus catok terus-menerus. Aku jadi enggak bisa kehujanan, berkeringat, repot sendiri. Pokoknya hidup jadi sangat enggak menyenangkan," ungkap Tatyana.

Rasa lelah yang sama juga mendorong Agnes akhirnya berani tampil dengan rambut keritingnya. Kemudian, keduanya aktif meriset cara merawat rambut keriting. Kuncinya, rambut keriting harus selalu dalam keadaan lembab.

Maka, rambut keriting tak boleh sering-sering dikeramas, cukup 2-3 kali seminggu. Pakai sampo organik dan bebas dari sulfat agar rambut tetap lembab, saran Tatyana. 

Artikel lain:
Mencuci Rambut, Haruskah Setiap Hari?
Atasi Rambut Rontok dengan 7 Menu Ini

Sisir rambut saat keramas dan menggunakan kondisioner. "Karena kalau setelahnya disisir, rambut keriting berpencar lagi," kata Tatyana.

Setelah keramas, Anda bisa menggunakan vitamin rambut dan menata rambut dengan krim khusus rambut keriting seperti yang rutin dilakukan Agnes. Beda dengan sampo yang dipakai jarang-jarang, kondisioner sebaiknya digunakan setiap hari.

"Rambut keriting, biasanya kulit kepalanya berminyak tapi batang rambutnya kering. Makanya butuh kondisioner yang teksturnya creamy, yang kalau dibilas rasanya enggak bersih-bersih," ujar Agnes.

Sebagai pengganti kondisioner, Agnes menggunakan masker rambut 2-3 kali seminggu. Alternatif lain, Tatyana memakai minyak cem-ceman yang terbuat dari minyak kelapa, yang diselingi penggunaannya dengan masker rambut. Untuk mengeringkan rambut keriting, gunakan handuk berbahan microfiber atau kaus.

"Kausnya harus berbahan katun dan rambut diremas-remas saja. Setelahnya, kalau enggak punya hair dryer yang ada corongnya, biarkan kering dengan sendirinya," terang Tatyana. 

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."