Mencuci Rambut, Haruskah Setiap Hari?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Ilustrasi rambut kering dan kaku. shutterstock.com

Ilustrasi rambut kering dan kaku. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ada orang yang ngotot harus setiap hari mencuci rambutnya, tapi ada yang cuek berhari-hari tak membilas rambutnya. Yang manakah yang tepat?

Ternyata frekuensi mencuci rambut sama halnya saat Anda memilih jenis sampo. Yakni, tergantung dari tipe rambutnya. Jadi, cermati dulu jenis rambut Anda, selanjutnya pilih frekuensi yang tepat.

1. Rambut normal
Bisa dilakukan lima kali seminggu. Waktu yang tepat saat rambut mulai gatal atau setelah melakukan banyak beraktivitas di luar dengan terpaan sinar mentari yang terik.

Jika Anda ngotot untuk mencuci rambut setiap hari, saran dari para ahli tahapannya dimulai dengan mengoleskan conditioner lebih dahulu, baru tambahkan sampo dan  bilas.

Dengan cara itu, kotoran yang menempel pada kulit kepala terangkat tapi rambut tetap bersinar.

Baca: Rambut Denada Panjang dan Indah, Tips Merawat Hair Extension

2. Rambut berminyak
Pemilik rambut berminyak, bisa mencuci rambut setiap hari. Beberapa hari tidak dicuci, kotoran pada kulit kepala  akan menumpuk  dan helai-helai rambut pun lengket satu sama lain.

Para ahli pun menyebutkan bahwa pemilik rambut berminyak aman untuk mencuci rambutnya setiap hari. Tentunya, dengan catatan menggunakan sampo dengan pelembab.

Baca: 4 Masalah Rambut Hijaber dan Cara Mengatasinya

3. Rambut kering atau keriting
Sebaiknya pemilik rambut kering atau keriting tidak mencuci rambut setiap hari. Atur jadwal hanya seminggu dua kali untuk mencuci rambut dan jangan lupa menggunakan sampo dengan pelembab dan terakhir mengoleskan conditioner.

liveabout | webmd

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."