7 Gejala Aneh, Tanda Mengidap Penyakit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Mengukur tekanan darahfoto www.rileks.com

Mengukur tekanan darahfoto www.rileks.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -  Jangan abaikan kemunculan gejala aneh dari tubuh. Bisa jadi itu pertanda gangguan kesehatan yang serius.

Margarita Rohr dari Langone Medical Center, New York City seperti dikutip dari womansday, menyatakan lebih baik kita waspada dengan tanda-tanda awal sebelum masalahnya menjadi serius.

Ada sekitar 7 tanda unik, yang mungkin ditemukan, seperti berikut ini.

Ilustrasi kaki bengkak. mumsnet.com

1. Kaki bengkak
Bila terlihat kaki benar-benar bengkak tanpa sebab berhati-hati lah. Kondisi ini disebut endema, tanda-tanda ada masalah pada jaringan thyroid. Namun, bisa jadi pertanda ada gangguan pada dengan jantung atau ginjal.

2. Jari manis memanjang
Sebuah studi dari University of Nottingham, Inggris, menyebutkan bila jari manis terasa memanjang, bisa jadi itu tanda dari serangan osteoarthritis. Terutama pada bagian lutut.

Sayangnya, studi tersebut tidak memberi penjelasan lebih detail pemicunya. Namun, tetap berolahraga secara rutin dan cek ke dokter.

Es krim mangga. grandbaby-cakes.com

3. Ngemil yang dingin-dingin
Bila saat lewat ke depan lemari es, Anda selalu tak tahan untuk mencomot es krim atau yogurt beku, bisa jadi Anda mengalami kekurangan zat besi.

Diskusikan dulu dengan dokter, mungkin Anda disuruh makanan dengan zat besi, seperti daging sapi, sayuran hijau dan juga vitamin C yang membantu menyerap zat besi dalam tubuh.

4. Kerutan di tempat tak lazim
Kerutan memang merupakan tanda usia yang menua. Namun, studi dari yang dimuat dalam Journal of Gerontology menyebutkan bisa juga gejala  hipertensi.

Misal, kerutannya tidak di tempat biasanya, seperti di lengan atas.

5. Bau napas
Aroma napas yang kurang sedap juga bisa dipicu oleh gingivitis. Dan bila tak ditangani akan menjadi penyakit gusi yang serius.

6. Urin berwarna gelap
Warna gelap ini menunjukkan tubuh mengalami dehidrasi. Hati-hati karena artinya ada gangguan kesehatan pada  ginjal atau hati.

7. Tinja hitam
Ketika buang air besar, yang ke luar berwarna gelap, bisa jadi tanda adanya pendarahan dalam organ tubuh. Paling sering, berupa luka pada lambung. Hentikan mengkonsumsi makanan pedas dan periksa lah ke dokter.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."