5 Tips Keamanan Pangan dan Terhindar dari Mikroba Patogen

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Mitra Tarigan

google-image
Ilustrasi memasukkan makanan ke dalam oven. Freepik.com

Ilustrasi memasukkan makanan ke dalam oven. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Menjaga kesehatan ada banyak caranya. Salah satu yang perlu diperhatikan adalah memperhatikan asupan. Tentunya mengkonsumsi makanan yang sehat dan bersih wajib diperhatikan. Sayang, terkadang kita melupakan mikroba yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Agar kita bisa tetap menjaga keamanan pangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyiapkan makanan.

Anggota Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nutrisi dan Penyakit Metabolik IDAI Yoga Devaera mengungkapkan terdapat lima kunci utama untuk menjaga keamanan pangan. 

1. Jaga Kebersihan Makanan

Pertama adalah menjaga kebersihan karena meski kebanyakan mikroba tidak menyebabkan gangguan kesehatan, namun mikroba patogen tersebar luas di tanah, air, hewan, dan manusia. Mikroba ini terbawa oleh pangan, serbet, dan peralatan terutama pada talenan yang dapat mencemari pangan dan menyebabkan penyakit.

2. Pisahkan Pangan Mentah dan Matang

Kedua adalah memisahkan pangan mentah dari pangan matang. Pangan mentah, terutama daging sapi, daging unggas, seafood, dan cairan yang ditimbulkan dapat mengandung mikroba patogen yang dapat mencemari pangan lainnya selama pengolahan dan penyimpanan.

3. Masak Pangan dengan Tepat

Poin ketiga, Yoga menjelaskan, adalah memasak pangan dengan tepat karena dapat membunuh mikroba patogen. Pangan yang dimasak dengan suhu internal 70 derajat Celcius dapat memberikan kepastian pangan aman untuk dikonsumsi. Pangan yang benar-benar harus diperhatikan adalah daging, terutama daging cincang, daging panggang utuh, dan potongan daging besar.

4. Perhatikan Suhu Aman Pangan

Cara keempat menjaga keamanan pangan adalah menjaga pangan pada suhu aman. Mikroba dapat berkembang biak dengan cepat pada suhu ruang. Dengan menjaga suhu di bawah 5 derajat Celcius atau di atas 60 derajat Celcius, pertumbuhan mikroba lebih lambat atau terhenti. Beberapa mikroba patogen dapat tumbuh pada suhu di bawah 5 derajat Celcius.

“Dinginkan, panaskan, atau habiskan dalam kurun waktu dua jam kalau untuk anak bayi dan balita yang menggunakan MPASI (Makanan Pendamping ASI),” ujar Yoga dalam diskusi daring mengenai food estate yang diselenggarakan Ikatan Dokter Anak Indonesia, Kamis 24 Januari 2024.

5. Cek Keamanan Air dan Bahan Baku

Terakhir menggunakan air dan bahan baku yang aman. Bahan baku, termasuk air dan es dapat terkontaminasi oleh mikroba patogen dan bahan kimia berbahaya. Racun dapat terbentuk dari pangan yang rusak dan berjamur. Memilih bahan baku dan perlakuan sederhana seperti mencuci dan mengupas kulitnya dapat mengurangi risiko.

Pilihan Editor: UNIFAM dan BPOM Ajak Orang Tua Perhatikan Keamanan Pangan Kemasan

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."