7 Pemicu Menurunnya Dorongan Seks bagi Perempuan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rita Nariswari

google-image
Ilustrasi pasangan gagal bercinta. Shutterstock

Ilustrasi pasangan gagal bercinta. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta -- Tak hanya kaum pria yang memiliki pemicu penurunan dorongan seksual, kaum perempuan pun bisa menurun dorongan untuk melakukan hubungan seks karena beberapa hal. Paling tidak ada 7 pemicu yang serta merta membuat kemerosotan hasrat di tempat tidur itu. 

1. Stres
Stres di tempat kerja, stres di rumah atau hubungan dengan pasangan kurang baik bisa menjadi pemicu menurunkan dorongan untuk hubungan seks.

2. Masalah dengan pasangan
Bagi kaum perempuan, adanya masalah dengan pasangan benar-benar mematikan keinginan untuk hubungan seks. Masalahnya, bisa berupa kurangnya komunikasi, ada yang berkhianat atau tidak saling percaya.

3. Kurang tidur
Jika kualitas tidur atau jam tidur tidak memadai, maka sudah dipastikan dorongan untuk hubungan seks  pun akan berantakan.

Baca: Cara Deteksi Kamu dan Pasangan Cocok Secara Seksual

4. Mempunyai anak
Sebenarnya anak tidak menurunkan dorongan seks, tapi membuat Anda dan pasangan tidak mempunyai waktu untuk berduaan. Pilih jam tidur anak untuk bermesraan atau gunakan jasa baby sitter sehingga masih ada waktu untuk berdua.

5. Obat-obatan
Jenis obat-obatan tertentu bisa menurunkan dorongan seks, semisal obat tekanan darah tinggi, kemoterapi, antidepressant, serta pil KB.

6. Rendah diri karena bentuk tubuh tidak sempurna
Bisa jadi kepercayaan diri Anda tak setinggi saat muda ketika badan masih langsing. Dengan tubuh tak lagi sempurna,  Anda pun rendah diri. Akibatnya dorongan seks pun akan menurun.

7. Obesitas
Kegemukan bisa membuat Anda tidak bisa menikmati hubungan seks dengan pasangan. Karena itu rajin lah berlatih kebugaran.

8. Depresi
Menderita depresi akan membuat minat dalam banyak hal menurun, termasuk di atas ranjang.

9. Menopause
Ketika memasuki menopause, perempuan kecenderungan akan mengalami rasa sakit saat hubungan seks sehingga menurun lah hasrat yang satu ini.

webmd | onhealth

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."