Diet, Dilarang Minum Air Es karena Bikin Gemuk, Betul atau Salah?

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi wanita minuma air mineral atau air putih. shutterstock.com

Ilustrasi wanita minuma air mineral atau air putih. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Orang yang sedang menjalani diet mesti mematuhi apa yang boleh dan dilarang dikonsumsi. Menjaga asupan dan pola makan sampai rajin olahraga adalah beberapa rekomendasi.

Baca juga:
Bikin Stres, Demi Lovato Putuskan Berhenti Diet
Manfaat Diet Alkali Berat Badan Turun dan Cegah Penyakit Kronis

Tapi ada satu lagi yang biasanya disarankan, yakni rajin minum air hangat dan hindari minum air es atau air dingin. Bahkan ada pula yang meyakini kalau minum air es akan membuat tubuh semakin gemuk.

Dokter Spesialis Gizi Klinik dari Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta, Diana F. Suganda mengatakan sejatinya minum air putih dingin saja tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk. Air putih yang didinginkan saja maka tetap tidak memiliki kalori, sehingga tidak membuat gemuk.

Ilustrasi air dan kesehatan. Shutterstock

"Yang bisa bikin gemuk itu kalau airnya ditambah bahan lain," kata Diana. Contoh, 1 gram gula mengandung 4 kalori. Jika kita memasukkan 1 sendok teh gula (rata-rata seberat 15 gram) ke dalam segelas air dingin, maka air dingin itu mengandung 60 kalori.

Bayangkan jika minum es teh manis yang dibuat dengan 2 sendok teh gula, maka es teh manis itu mengandung 120 kalori.

AURA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."