Mpok Alpa Curhat, Cermin Kehidupan Ibu Rumah Tangga yang Monoton

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi memasak. foobot.oi

Ilustrasi memasak. foobot.oi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sedang viral sebuah video curhat seorang ibu rumah tangga yang jenuh dengan kegiatan sehari-hari. Mulai dari memasak, membereskan rumah, mengantar anak sekolah, dan berulang terus setiap hari. Hingga ibu ini mengunggah video diri dengan wajah cantik, sudah pakai lipstik, bulu mata palsu, dan ingin diajak keluar rumah oleh suaminya, setidaknya ke Alfamart.

Baca juga:
Mana Lebih Bahagia dan Sehat, Ibu Bekerja atau Ibu Rumah Tangga

Mendedikasikan diri sebagai ibu rumah tangga juga butuh perjuangan. Terkadang, berada di rumah bersama anak-anak sepanjang hari, bisa menjadi monoton. Karena itu, ibu rumah tangga lebih cepat bosan dan stres dibanding ibu bekerja.

Mpok Alpa sedang menceritakan kegelisahan menjadi ibu rumah tangga yang bosan dengan aktivitasnya sehari-hari.

Namun jangan menyerah dulu, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan karena aktivitas yang monoton sebagai ibu rumah tangga. Berikut ini 5 cara untuk menghilangkan rasa bosan buat ibu rumah tangga, dikutip dari The Spruce.

1. Berkencan dengan suami
Sempatkan waktu untuk berkencan dengan suami. Seimbangkan kehidupan sebagai orang tua dan istri untuk mengembalikan energi dan jalinan asmara bersama suami. Pilih satu hari setiap bulan untuk berkencan dengan suami sekaligus menjaga kedekatan kalian berdua. Jagalah pernikahan agar selalu sehat dan mesra.

2. Teman senasib
Bentuklah lingkaran pertemanan yang memiliki kesamaan dalam keseharian. Sisihkan waktu untuk berkumpul bersama teman tanpa anak-anak. Saling bercerita, mendengar masukan dari teman, akan terasa seperti mengisi ulang baterai semangat untuk hari esok.

3. Me time
Beri waktu bersantai untuk diri sendiri. Pijat tubuh, facial, atau berjalan-jalan sendiri di mal akan membuat ibu terasa segar ketika kembali ke rumah.

4. Mulai hobi baru
Ada banyak hobi yang cocok untuk ibu rumah tangga. Misalnya belajar menjahit, memasak, atau membuat perhiasan. Memiliki sesuatu yang menyenangkan untuk dilakukan sendiri akan membantu ibu mendapatkan kembali kesenangan dan antusiasme.

5. Ikut kursus
Aktivitas yang monoton akan membuat otak tumpul. Semua dilakukan seperti yang seharusnya dan bikin seseorang tampak seperti robot. Coba ikut kursus memasak atau menjahit misalnya untuk mempertajam pikiran. Sebaiknya fokus pada kelas yang berhubungan dengan aktivitas sehari-hari sebagai ibu.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."