Belanja Buah-buahan, Pilih yang Cepat Busuk

Ilustrasi buah-buahan/ toko buah. REUTERS/Lucas Jackson

kesehatan

Belanja Buah-buahan, Pilih yang Cepat Busuk

Jumat, 19 Januari 2018 16:53 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

TEMPO.CO, Jakarta - Kadang, karena tidak tahu cara memilih buah yang bagus, banyak pembeli yang tertipu. Membeli buah mahal, tetapi rasanya sudah tidak enak.. Seringkali buah terlihat cantik dari luar, namun busuk dalamnya. Ada juga buah yang dari luar terlihat sudah hitam, tetapi ternyata dalamnya masih bagus dan enak. Kadang, karena tidak tahu cara memilih buah yang bagus, banyak pembeli yang tertipu. Membeli buah mahal, tetapi rasanya sudah tidak enak.

“Cari tahu cara memilih buah itu paling bagus dari para petani, tetapi yang pasti beli di tempat yang tidak banyak polusi. Cari buah yang gampang busuk, karena buah yang awet malah bahaya,” ungkap dr. Phaidon L Toruan, praktisi kesehatan, di Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018.

Melanjutkan penjelasannya, Phaidon juga menganjurkan pembeli untuk mempertanyakan tahan lamanya buah yang ingin dibeli. Hindari buah-buahan yang dibilang bisa tahan dalam waktu lama.

Baca juga:Makan Buah 3 Kali Sehari, Cegah Beragam Penyakit dan KegemukanSelain Cokelat, 9 Makanan Ini Dapat Meningkatkan MoodManfaat Diet Alkali, Berat Badan Turun dan Cegah Penyakit Kronis

ilustrasi buah-buahan. telegraph.co.uk

Selain itu, hindari juga membeli buah di pinggir jalan karena polusi dari kendaraan dapat menempel ke buah dan tidak baik untuk dikonsumsi. Buah yang bisa bertahan lama sampai bulanan memiliki terlalu banyak pengawet. “Contohnya, buah apel tidak mungkin bisa tahan lama sampai tiga bulan. Buah itu tidak bisa tahan lama setelah lepas dari pohon,” lanjutnya.

Buah yang mudah busuk disebut sebagai “living fruit”. Buah tersebut memiliki elektrokimia yang memberikan energi pada tubuh agar terasa bugar. “Karena itu, ada penemuan pisang bisa menghidupkan jam selama dua minggu atau jeruk juga bisa menghidupkan jam selama 2 minggu. Itu karena buah yang benar ada listriknya,” jelas Phaidon.

Phaidon menjelaskan kalau orang yang makan buah alam itu badannya akan terasa lebih bugar. Jadi, pastikan buah yang dibeli adalah buah yang cepat busuk karena lebih alami.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA