Selain Cokelat, 9 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Mood

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi makan cokelat. Shutterstock

Ilustrasi makan cokelat. Shutterstock

IKLAN

TEMPO.CO, JakartaMakanan dan suasana hati saling terkait. Tubuh manusia benar-benar merespons berbagai jenis makanan dengan cara yang berbeda. Ada hubungan langsung antara apa yang kita makan dan bagaimana perasaan. Pola makan buruk bisa merusak suasana hati.

Suasana hati yang buruk sebenarnya bisa merusak sistem kekebalan tubuh, memperlambat upaya penurunan berat badan, dan menyebabkan sakit kepala. Tapi, ada juga makanan yang bisa membantu membuat kita merasa luar biasa karena memasok nutrisi. Hal ini memungkinkan otak memproduksi neurotransmiter dan memberi suasana hati yang baik.

Sangat penting untuk mengonsumsi makanan dan bermanfaat meningkatkan suasana hati. Berikut ini daftar makanan yang dapat meningkatkan suasana hati secara alami.

Baca juga: 

Manfaat Diet Alkali, Berat Badan Turun dan Cegah Penyakit Kronis

Victoria Beckham Populerkan Diet Alkali, 2 Seleb Jadi Pengikutnya

1. Salmon
Salmon adalah makanan penguat suasana hati yang hebat dan mengandung asam lemak omega-3 yang penting. Nutrisi penting ini dibutuhkan untuk memproduksi energi, aktivitas otak, dan sirkulasi darah. Mengkonsumsi ikan berlemak akan meningkatkan hormon dopamin yang membuat suasana hati tetap bahagia.

2. Cokelat
Makan cokelat hitam setiap hari akan mengurangi hormon stres, termasuk kortisol. Selain itu, cokelat memiliki antioksidan yang lebih banyak dibanding makanan lain.

3. Alpukat
Alpukat sarat dengan manfaat, mulai dari melindungi jantung hingga membantu pencernaan. Tapi, kita akan terkejut mengetahui bahwa alpukat adalah makanan penguat suasana hati yang hebat. Buah ini penyeimbang hormon alami, memastikan otak melepaskan bahan kimia yang tepat untuk membuat kita merasa bahagia.

Ilustrasi alpukat. Shutterstock

4. Anggur
Anggur mengandung antioksidan dan juga memiliki cita rasa yang enak, sekaligus membuat kita merasa lebih baik. Anggur mengandung flavonoid, yang telah terbukti mempengaruhi mood dan menurunkan depresi. Jadi, jadikan buah anggur sebagai makanan ringan untuk meningkatkan suasana hati.

5. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan mengandung lemak sehat akan membuat kita tetap tersenyum. Makanan ini mengandung serotonin, bahan kimia yang membuat tubuh terasa sehat dan bila kekurangan pasokan bisa membuat depresi. Sertakan kacang mete, kacang Brasil, kenari, dan almond dalam makanan untuk meningkatkan suasana hati.

6. Wijen
Biji wijen membantu meningkatkan suasana hati dalam waku cepat. Asam amino yang ada pada biji wijen meningkatkan kadar dopamin otak. Kita bisa menaburkan wijen ke dalam salad dan smoothies.

Ilustrasi biji wijen. shutterstock.com

7. Jamur
Jamur mengandung vitamin penting seperti vitamin B6 yang berdampak pada produksi serotonin dan neurotransmiter. Vitamin sehat ini terkait dengan pemberian mood positif dan membantu mengurangi stres secara alami.

8. Stroberi
Stroberi adalah salah satu makanan peningkat suasana hati. Hal ini disebabkan fakta bahwa buah ini kaya vitamin dan mineral seperti vitamin A, vitamin C, dan mangan. Nutrisi penting ini membantu meningkatkan bahan kimia bahagia di otak.

9. Quinoa
Quinoa sangat kaya asam amino sehingga dianggap sebagai sumber protein, folat, magnesium, fosfor, dan mangan yang lengkap. Mineral ini diketahui bisa meningkatkan energi secara alami. Kita bisa menambahkan quinoa dalam panekuk, salad, dan hidangan lain.

10. Kelapa
Kelapa juga disebut makanan yang bisa meningkatkan suasana hati. Itu karena air yang ditemukan di dalam kelapa penuh dengan elektrolit yang akan meningkatkan suasana hati seketika. Sementara, daging kelapa itu sendiri adalah pendorong mood yang sangat baik.

Ilustrasi Kelapa. r7000.com

BISNIS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."