Makan Buah 3 Kali Sehari, Cegah Beragam Penyakit dan Kegemukan

Ilustrasi makan buah-buahan. Shutterstock

Kesehatan

Makan Buah 3 Kali Sehari, Cegah Beragam Penyakit dan Kegemukan

Jumat, 19 Januari 2018 13:05 WIB
Reporter : Astari Pinasthika Sarosa Editor : Yunia Pratiwi

TEMPO.CO, Jakarta - Rahasia hidup sehat adalah makan sehat, olahraga, istirahat cukup, juga pikiran dan aktivitas sehat. Masyarakat Indonesia masih memiliki masalah kekurangan gizi, karena banyak yang berpikir kalau makan makanan sehat itu tidak enak.

Padahal banyak makanan sehat yang juga enak dikonsumsi. Salah satunya buah. Selain rasanya yang beragam, buah dapat dikonsumsi dengan berbagai cara. Menurut dokter sekaligus praktisi kesehatan Phaidon L. Toruan, rutin mengkonsumsi buah sebelum makan pagi, siang, dan malam, dapat mengurangi risiko terserang berbagai macam penyakit.  

“Makan buah atau sayur tiga kali sehari sebelum makan, dampaknya pasti akan luar biasa. Buah dapat menghindari risiko osteoporosis ataupun diabetes,” ujar Phaidon saat ditemui di Puri Indah Mall, Jakarta, Kamis, 18 Januari 2018. 

Baca juga: Kenali Gejala Kanker Limfoma Hodgkin, Penyebab Kematian Nomor 6Selain Cokelat, 4 Makanan Ini Dapat Meningkatkan MoodSelain Makanan, 4 Hal Ini Bikin Berat Badan Naik

Ilustrasi buah-buahan segar.

Phaidon juga memberikan beberapa contoh manfaat buah untuk kesehatan. Misalnya, buah anggur yang diolah menjadi jus dengan bijinya dapat membantu melancarkan pembuluh darah. Selain itu, daging kelapa dan alpukat dapat mengurangi nyeri pada lutut, sedangkan buah kelengkeng dapat memperbaiki lutut rusak.

Setiap buah memiliki fungsi masing-masing yang bagus untuk kesehatan dan untuk menghindari penyakit. Buah juga memenuhi volume perut, jadi mengurangi risiko kegemukan. Vitamin dan mineral dari buah juga bagus untuk metabolisme, dan antioksidan dari buah dapat mengurangi risiko sakit jantung.

Sementara itu, Manajer Umum GoFruit.id Sheila Ariani menyarankan mengkonsumsi setidaknya empat jenis buah dengan warna berbeda. "Jadi mendapat khasiat yang beragam. Kalau makan satu jenis buah terus setiap harinya juga tidak bagus, harus diganti-ganti,” katanya.

ASTARI PINASTHIKA SAROSA