Selain Makanan, 4 Hal Ini Bikin Berat Badan Naik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Ilustrasi berat badan. Shutterstock

Ilustrasi berat badan. Shutterstock

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Bertambah gemuk atau berat badan naik merupakan momok bagi kebanyakan orang, terutama perempuan. Akan tetapi, kenaikan berat badan tidak melulu disebabkan karena kebanyakan makan.

Empat hal berikut ini bahkan tidak ada hubungannya dengan nafsu makan berlebih, namun sangat mungkin menambah berat badan kita secara nyata. 

Dehidrasi 
(Depositphotos)

Tidak cukup tidur
Saat kalian selalu begadang dan tidak memiliki waktu tidur yang cukup juga bisa menjadi penyebab dari kenaikan berat badan. Saat kurang tidur maka tubuh akan menghasilkan hormon kortisol (stres) dan insulin yang bisa membuat tubuh menyimpan lemak ekstra.


(Depositphotos)

Sedang mengalami stres
Saat kita merasa terus-menerus stres maka tubuh pun akan selalu mengeluarkan hormon kortisol (stres) yang bisa membuat tubuh kita semakin gemuk. Stres memang bisa menyebabkan banyak efek negatif bagi tubuh kita selain menambah berat badan Lalu stres juga bisa membuat kita terkena penyakit mental seperti depresi.

Mengalami pra diabetes
(Depositphotos)

Pra diabetes adalah keadaan di antara tubuh masih memiliki kadar gula yang normal tapi tubuh juga sudah mulai resisten dengan hormon insulin. Salah satu gejalanya adalah saat berat badan naik. Hal itupun disebabkan karena hati tidak hanya menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi saja tapi juga akan diubahnya menjadi lemak. 

TABLOIDBINTANG

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."