Istri Pejabat yang Langganan Jadi Koki Dapur Umum dan Kebanjiran

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Istri Wali Kota Surakarta Endang Prasetyaningsih Rudyatmo memperagakan cara menyalakan arang tanpa menggunakan minyak. Dia berhasil melakukannya dalam waktu lima menit. TEMPO | Ahmad Rafiq

Istri Wali Kota Surakarta Endang Prasetyaningsih Rudyatmo memperagakan cara menyalakan arang tanpa menggunakan minyak. Dia berhasil melakukannya dalam waktu lima menit. TEMPO | Ahmad Rafiq

IKLAN

TEMPO.CO, Solo - Istri Wali Kota Surakarta, Endang Prasetyaningsih Rudyatmo dikenal sebagai istri pejabat yang piawai dalam urusan masak-memasak. Bukan hanya menjamu tamu, dia juga terbiasa memasak di dapur umum.

Baca juga:
Istri Wali Kota Solo Jago Masak, Simak Kiat Memarut Kelapa
Endang Prasetyaningsih, Istri Pejabat Tak Peduli Dibilang Jadul

Kebetulan, rumah pribadinya berada sangat dekat dengan Bengawan Solo, hanya diselangi sebuah gudang serta jalan kampung. "Jadi memang sejak dulu daerah sini langganan banjir," katanya kepada Tempo.

Endang Prasetyaningsih juga berkali-kali mengungsi jika sungai terpanjang di Jawa itu meluap. "Kalau banjir ya mengungsi bersama tetangga yang lain," katanya.

Istri Wali Kota Surakarta Endang Prasetyaningsih Rudyatmo memperagakan teknik memarut kelapa di hadapan Darma Wanita Persatuan PDAM Surakarta. Endang dikenal gemar memasak dan tidak memiliki asisten rumah tangga. TEMPO | Ahmad Rafiq

Terakhir, banjir masuk ke dalam rumahnya dua tahun lalu. Meski memiliki rumah dinas yang aman dari banjir, namun Enang memilih untuk tinggal bersama pengungsi lain. "Biar bisa segera bersih-bersih saat banjir surut," katanya.

Selama berada di pengungsian, Enang Prasetyaningsih turut memasak di dapur umum. "Masak bersama, makannya juga bersama," katanya. Menurut Endang, dia sudah akrab dengan banjir yang terjadi saat musim hujan. "Sejak kecil memang sudah tinggal di sini," katanya.

Saking akrabnya, dia pernah tidak ikut mengungsi saat luapan sungai memasuki rumahnya. "Naik ke lantai atas sudah pasti aman," katanya.

AHMAD RAFIQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."