Istri Wali Kota Solo Jago Masak, Simak Kiat Memarut Kelapa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Istri Wali Kota Surakarta Endang Prasetyaningsih Rudyatmo memperagakan teknik memarut kelapa di hadapan Darma Wanita Persatuan PDAM Surakarta. Endang dikenal gemar memasak dan tidak memiliki asisten rumah tangga. TEMPO | Ahmad Rafiq

Istri Wali Kota Surakarta Endang Prasetyaningsih Rudyatmo memperagakan teknik memarut kelapa di hadapan Darma Wanita Persatuan PDAM Surakarta. Endang dikenal gemar memasak dan tidak memiliki asisten rumah tangga. TEMPO | Ahmad Rafiq

IKLAN

TEMPO.CO, Solo - Istri Wali Kota Solo, Endang Prasetyaningsih Rudyatmo dikenal jago masak. Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Sukarnoputri bahkan kerap memesan sejumlah masakan buatan Endang ketika berkunjung ke Solo. Tak jarang Megawati minta suami Endang, FX Hadi Rudyatmo membawakan beberapa makanan buatan Endang saat datang ke Jakarta.

Baca juga:
Megawati Punya Chef Terbaik di Solo, Ada 5 Makanan Kesukaannya

Dalam acara demo masak di kantor PDAM Surakarta, Endang Prasetyaningsih berbagi sejumlah kiat saat memasak, khususnya hidangan yang menggunakan bahan santan. Ketika memperagakan pembuatan sayur lodeh rebung -salah satu hidangan kesukaan Megawati, Endang memberikan beberapa tips memarut kelapa.

"Memarut kelapa itu tidak boleh sembarangan," katanya. Untuk menghasilkan santan yang bagus, kelapa harus diparut dalam posisi vertikal. Teknik ini digunakan untuk membuat masakan berkuah, seperti sayur lodeh, opor serta masakan berkuah santan lainnya. Jika memarut kelapa dalam posisi vertikal, menurut Endang, maka santan yang dihasilkan akan lebih banyak dan kental.

Istri Wali Kota Surakarta Endang Prasetyaningsih Rudyatmo memperlihatkan sayur lodeh hasil masakannya. Dia memperagakan memasak sayur menggunakan arang dalam acara Dharma Wanita PDAM Surakarta. TEMPO | Ahmad Rafiq

Teknik berbeda diterapkan jika ingin menggunakan parutan kelapa untuk urap, botok, dan hidangan sejenis. "Kalau untuk urap dan botok misalnya, kelapa diparut dalam posisi horizontal," ujarnya. Dengan begitu, hasil parutan kelapa akan lebih halus.

Endang juga punya trik khusus bagi Anda yang khawatir kolestrol akan melonjak ketika menyantap masakan bersantan. "Siram parutan kelapa dengan air panas," katanya.

Selama ini, Endang selalu menyiapkan sendiri makanan buat keluarga maupun tamu yang datang ke kediamannya. "Sejak dulu saya tidak punya pembantu," katanya. Bahkan, dia tidak pernah menggunakan jasa katering saat harus menjamu puluhan tamu.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."