Chef Favorit Megawati, Belajar Masak Sejak Sekolah Dasar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Presiden RI ke-5 Megawati Sukarnoputri berfoto selfie dengan Mufidah Kalla, dan Menko PMK, Puan Maharani di sudut kota Brussels, Belgia, 10 Oktober 2017. Juru bicara Wapres, Husain Abdullah.

Presiden RI ke-5 Megawati Sukarnoputri berfoto selfie dengan Mufidah Kalla, dan Menko PMK, Puan Maharani di sudut kota Brussels, Belgia, 10 Oktober 2017. Juru bicara Wapres, Husain Abdullah.

IKLAN

TEMPO.CO, Solo - Istri Wali Kota Solo, Endang Prasetyaningsih Rudyatmo dikenal sebagai istri pejabat yang piawai dalam urusan masak memasak. Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Megawati sangat menyukai masakan istri FX Hadi Rudyatmo itu.

Baca juga:
Endang Prasetyaningsih, Istri Pejabat Tak Peduli Dibilang Jadul
Megawati Punya Chef Terbaik di Solo, Ada 5 Makanan Kesukaannya

Setiap kali ke Solo, Megawati minta Endang memasak makanan kesukaannya. Di antaranya sayur lodeh rebung, oseng-oseng daun pepaya, oseng-oseng pare, oseng-oseng ati ampela, dan bothok mlanding. Bahkan Presiden Indonesia kelima itu sering meminta Endang mengirimkan masakannya ke Jakarta.

Saat ditanya dari mana ilmu masak-memasak yang dikuasainya, Endang mengatakan sudah belajar memasak sejak sekolah dasar. Saat itu, ibunya sering mendapat pesanan makan siang dari buruh pabrik yang berada di dekat rumahnya.

Istri Wali Kota Surakarta Endang Prasetyaningsih Rudyatmo memperagakan cara menyalakan arang tanpa menggunakan minyak. Dia berhasil melakukannya dalam waktu lima menit. TEMPO | Ahmad Rafiq

Awalnya, Endang bersama seorang saudara perempuannya hanya membantu mengupas dan memotong berbagai bumbu dapur dan sayur saat ibunya masih bekerja. "Lama-lama saya terbiasa meracik bumbu," kata Endang kepada Tempo.

Pengalaman tersebut membuat Endang terbiasa memasak dengan porsi yang cukup banyak. Hingga kini, dia masih sering memasak sendiri jika ada rombongan tamu penting yang datang berkunjung. "Apalagi banyak yang bilang ingin merasakan masakan saya," katanya.

Istri Wali Kota Surakarta Endang Prasetyaningsih Rudyatmo memperlihatkan sayur lodeh hasil masakannya. Dia memperagakan memasak sayur menggunakan arang dalam acara Dharma Wanita PDAM Surakarta. TEMPO | Ahmad Rafiq

Tidak hanya memasak, Endang juga terbiasa membeli sayur sendiri di pasar tradisional. "Ibu saya pedagang sayur di pasar," katanya. Biasanya, dia membeli sayur di Pasar Legi atau Pasar Harjodaksino.

Kegemarannya dalam memasak juga menurun ke anak-anaknya. "Yang cowok maupun cewek semua bisa masak sendiri, meski cuma sop atau oseng-oseng," kata ibu lima anak itu.

AHMAD RAFIQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."