Mau Turunkan Berat Badan? Lakukan 5 Pose Yoga Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Yunia Pratiwi

google-image
Sejumlah wanita melakukan pose yoga saat latihan diantara pohon bunga sakura di lahan pertanian bunga di kota Zhonghu, Provinsi Hunan, Cina, 25 Maret 2017. chinadaily.com.cn

Sejumlah wanita melakukan pose yoga saat latihan diantara pohon bunga sakura di lahan pertanian bunga di kota Zhonghu, Provinsi Hunan, Cina, 25 Maret 2017. chinadaily.com.cn

IKLAN

TEMPO.CO, Jakarta - Kurangnya aktivitas fisik dan terlalu banyak bekerja di depan komputer selama berjam-jam membuat tubuh kurang bugar, dan cenderung lesu. Akibatnya, bukan hanya wajah yang suram, berat badan pun bisa bertambah.

Meski sangat sibuk, ada baiknya setidaknya meluangkan waktu 15-20 menit melakukan latihan fisik seperti yoga, yang dapat membantu mengurangi efek terlalu banyak duduk dan beban kerja, sehingga Anda terlihat langsing, dan lebih bugar. Tidak hanya menurunkan berat badan, yoga juga juga bisa mengendalikan jiwa dan tubuh, tingkat stres akan berkurang. (Baca juga: Wanda Hamidah Pilih Olahraga Paket Komplit, Apa Itu?)

Yoga juga membuat pikiran lebih positif, kinerja lebih baik, dan produktivitas meningkat. Selain itu, yoga juga membuat pikiran dan konsentrasi Anda makin meningkat. Bila dilakukan secara rutin, akan bemanfaat secara keseluruhan bagi tubuh, misalnya, meningkatkan fleksibilitas, memperlancar sistem pencernaan, membuang racun di dalam tubuh, dan membuat kulit lebih bersinar bila Anda melakukan yoga asana setiap hari.

Ada banyak pose yoga yang dapat dilakukan. Khusus untuk menurunkan berat badan dengan cepat, Anda dapat melakukan 5 pose yoga berikut ini.  

1. Suryanamaskar
 
 
 

Suryanamaskar bermanfaat mendetoksifikasi tubuh, dan perlu dilakukan setiap pagi di ruang terbuka untuk mendapatkan sinar matahari. Pose ini memberi tekanan pada organ perut lewat siklus peregangan dan tekanan, yang membantu pencernaan lebih baik dan cepat. Selain itu, juga menghindari pembentukan lemak, dan faktanya membakar kalori dengan lebih cepat. Namun, Anda perlu melakukannya 5-10 kali untuk menurunkan berat badan.

Cara melakukannya: ada banyak cara untuk melakukan suryanamaskar, tapi Ashtanga Namaskara akan membantu menurunkan berat badan dengan lebih cepat. Berbaringlah di tanah dengan posisi rawan, lalu angkat bokongmu sedikit sedikit, geser ke depan. Posisikan dagu dan dada ke depan, dan angkat posterior sedikit. Delapan bagian tubuh harus menyentuh tanah, yaitu tangan, kaki, dada, dagu dan lutut. Delapan bagian tubuh Anda harus menyentuh tanah, kecuali area perut dan wajah.

2. Cobra Pose (Bhujangasana)

 

Pose Cobra juga memperkuat otot, perut, punggung dan tubuh bagian atas penuh, dan tulang belakang fleksibel. Anda perlu menahan diri dalam posisi cobra selama 30-40 detik dan ulangi 5-10 kali setiap hari untuk melihat perubahannya. Cara melakukannya: mulailah dengan meletakkan tangan dan telapak tangan di tanah, di bawah bahu. Angkat bagian atas tubuh Anda dengan dada menggunakan lengan. Berbaringlah di perut dan angkat tubuh bagian atas dengan tangan.

3. Warrior Pose (Virabhadrasana)

 

Pose ini akan memperkuat kaki, paha belakang dan pergelangan kaki, merangsang organ perut dan meningkatkan penurunan berat badan serta meningkatkan stamina. Saat melakukannya, berat tubuh penuh sampai pada membungkuk ke depan. Cara melakukannya: mulailah dengan berdiri tegak dengan kedua kaki lebar dan lengan di samping. Pindahkan kaki kiri sisi kiri, putar tubuh ke sisi kiri sepenuhnya. Arahkan tubuh ke depan dengan lutut kiri harus berada dalam sudut 90 derajat. Angkat tangan ke atas dan gabungkan dengan posisi Namaste. Saat melakukan Namaste, wajah harus diangkat. Tunggu 10-15 detik di posisi ini dan ulangi lagi.

4. Chair Pose (Utkatasana)

Pose yoga ini mirip dengan jongkok dan Anda harus berpura-pura seolah duduk di kursi, ini membutuhkan kekuatan yang sangat besar pada awalnya. Pose ini akan memperkuat otot kaki, membakar kalori, melelehkan lemak pada area paha dan perut juga. Saat melakukan pose ini, tangan Anda harus berada di udara memanjang penuh, sehingga akumulasi lemak pada lengan juga akan terbakar.

Cara nelakukannya: mulailah dengan berdiri tegak. Tekuk lutut dan tubuh bagian bawah seperti saat duduk di kursi. Anda harus menjaga kepala dan tangan tetap di udara dan tahan di posisi kursi ini. Punggung harus sedikit membungkuk di posisi ini. (Baca juga: Yoga Meredakan Sakit Punggung, Mitos atau Fakta)

5. Pose Jembatan (Setubandhanasana)

 

Pose ini sangat menantang, namun memiliki banyak manfaat juga, karena akan membantu Anda menghilangkan lemak yang membandel. Selain itu, pose ini memperkuat leher, dada, tulang belakang, kaki, paha, dan area bokong. Lemak perut Anda akan meleleh lebih cepat dengan pose ini. Namun, Anda harus berhati-hati saat melakukan asana ini.

Cara nelakukannya: berbaring telentang dengan lutut ditekuk dan ditaruh di lantai. Tekanan pada lutut yang bengkok dan angkat punggung Anda sepenuhnya. Wajah dan bahu juga harus menyentuh tanah dan kaki. Sisa tubuh harus di udara. Tahan dalam posisi ini sebentar dan kemudian ulangi lagi. Berlatihlah pose ini setiap hari selama 20-30 menit dan Anda akan segera melihat perubahannya. (Baca juga: Mengenal Yoga Iyengar, Manfaat dan Perbedaan dari Yoga Lain)

BISNIS

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."