5 Cara Menikmati Waktu Bersantai Saat Stres

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rezki Alvionitasari

google-image
Ilustrasi meditasi. Freepik.com/Lifeforstock

Ilustrasi meditasi. Freepik.com/Lifeforstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pernahkah Sahabat Cantika merasa stres ketika sedang bersantai? Anda mungkin mengalami“stresslaxing”.

Pengertian stres santai adalah sebuah efek kontraproduktif yang dapat menyebabkan lingkaran setan peningkatan kecemasan dan kekhawatiran.

“Istilah ini mengacu pada fenomena atau pengalaman orang-orang yang berada dalam keadaan cemas atau stres yang berusaha menenangkan diri dan ingin merasa lebih rileks dengan memaksakan diri untuk istirahat atau melepas penat,” ucap dokter Michael Schirripa, psikiater, pembawa acara podcast, dan penulis.

Dikutip dari Healthline, ketika seseorang memaksakan dirinya untuk rileks, mereka akan menjadi lebih cemas, dan mereka mungkin lebih khawatir tentang seberapa baik atau efisien mereka dapat bersantai.

Istilah klinis untuk “stresslaxing” adalah kecemasan yang disebabkan oleh relaksasi, kata Deborah Serani, profesor di Universitas Adelphi dan penulis buku pemenang penghargaan, “Living with Depression.”

“Penelitian menunjukkan bahwa jika Anda sudah bergumul dengan kecemasan umum atau terlalu banyak berpikir, Anda mungkin lebih rentan mengalami stres. Bukti lain menunjukkan bahwa individu yang berjuang melawan stres juga mungkin mengalami serangan panik selain stres dan kecemasan. Lalu ada orang lain yang mungkin mengalami depresi karena tidak bisa bersantai dengan bebas,” katanya.

Bagaimana menikmati waktu bersantai tanpa cemas?

Natalie Christine Dattilo, psikolog klinis dan instruktur di Harvard Medical School menjelaskan, ketika Anda mencoba untuk bersantai, pertama-tama sadari bahwa relaksasi bukanlah aktivitas pasif seperti yang selama ini diyakini orang, dan hal itu tidak terjadi secara alami bagi sebagian orang.

“Saya pikir salah satu alasan utama mengapa beberapa orang merasa sulit untuk bersantai adalah karena sebenarnya ini adalah keterampilan yang perlu kita latih secara teratur agar dapat sepenuhnya merasakan efek menguntungkannya,” kata Dattilo.

Seringkali, orang mengacaukan relaksasi dengan “zoning out”.

“Hal ini tentu dapat memberikan istirahat pada otak kita, namun tujuan sebenarnya dari relaksasi adalah untuk ‘menurunkan’ sistem saraf kita,” kata Dattilo.

Pemicu respon relaksasi dapat dilakukan melalui visualisasi, relaksasi otot, pemijatan, teknik pernapasan, meditasi, doa, dan yoga.

Cobalah tips berikut untuk relaksasi:

1. Tetapkan batasan antara pekerjaan dan kehidupan rumah tangga

“Juga, pertimbangkan untuk mematikan gadget lebih awal setiap malam. Jadikan perawatan diri sebagai prioritas dan pelajari cara mengelolanya setiap hari,” kata Serani.

2. Latih metode relaksasi Benson

Metode ini melibatkan duduk dalam posisi yang nyaman, memejamkan mata, dengan sengaja mengendurkan semua otot, dimulai dari kaki hingga ke kepala, bernapas perlahan, selama 20 menit. 

“Ini mungkin akan terasa sedikit menantang atau dipaksakan pada awalnya, jadi mungkin mulailah dengan 5 menit dan secara bertahap tingkatkan,” kata Dattilo.

3. Fokus pada daftar pekerjaan yang selesai

Hal ini untuk mengingat apa saja yang telah Anda capai. “Memikirkan daftar hal yang harus dilakukan membuat Anda berada di masa depan, menghalangi Anda untuk berada di saat ini,” kata Serani.

“Menyoroti daftar pekerjaan Anda akan membantu merayakan tugas Anda yang telah selesai dan mendorong relaksasi. Daftar yang sudah selesai membantu Anda berlama-lama di masa lalu.”

4. Lakukan meditasi 5 menit

“Penelitian menunjukkan bahwa pernapasan dalam, keheningan, dan ketenangan selama 5 menit dapat meningkatkan fungsi mental dan fisik,” kata Serani.

Jika Anda bisa bermeditasi lebih lama, pertimbangkan meditasi terpandu dengan aplikasi, atau sekadar istirahat, tidur siang, atau menikmati kesendirian, katanya.

5. Puaskan indra Anda

Tenangkan diri Anda dengan menggunakan Teknik 5,4,3,2,1. Hal ini untuk mengurangi kecemasan sehingga Anda dapat lebih rileks. 

“Tanyakan pada diri Anda untuk menemukan 5 hal yang dapat Anda lihat, 3 hal yang dapat Anda dengar, 4 hal yang dapat Anda sentuh, 2 hal yang dapat Anda cium, dan 1 hal yang dapat Anda rasakan,” kata Serani.

Nah, Sahabat Cantika, itulah beberapa tips untuk menikmati waktu bersantai saat stres, tanpa merasa bertambah stres. Selamat mencoba!

Pilihan Editor: Mengenal Stresslaxing: Mencoba Bersantai Tapi Membuat Anda Stres

HEALTHLINE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."