12 Cara Memegang Ponsel yang Benar, Untuk Cegah Nyeri Leher dan Punggung

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita dan ponsel. Freepik.com/msgrowth

Ilustrasi wanita dan ponsel. Freepik.com/msgrowth

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ponsel adalah bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari berhitung, mencatat aktivitas sehari-hari, hingga menghabiskan waktu di media sosial, hampir tidak pernah seseorang tidak memiliki ponsel di tangan. Namun, penggunaan ponsel secara terus-menerus ini bisa menimbulkan konsekuensi dalam kesehatan. Dengan meluasnya penggunaan ponsel dalam kehidupan kita sehari-hari, cara memegang ponsel berdampak signifikan terhadap kesehatan muskuloskeletal kita.

Penggunaan ponsel yang tidak tepat dapat menyebabkan berbagai masalah, termasuk ketegangan pada tangan, nyeri pergelangan tangan, dan sindrom "tech neck" yang umum dikenal. Inilah cara yang benar untuk memegang ponsel Anda untuk mencegah ketidaknyamanan tersebut.

Mari kita pahami masalah yang disebabkan dari cara memegang ponsel yang tidak tepat. Posisi tangan dan jari yang mengepal dan canggung secara terus-menerus dapat menyebabkan cedera regangan berulang (RSI), termasuk sindrom terowongan karpal. Menatap ponsel dalam waktu lama akan meningkatkan ketegangan pada otot leher, sehingga menyebabkan "tech neck" atau "text neck". Postur tubuh yang buruk akibat seringnya menggunakan ponsel dapat menyebabkan masalah muskuloskeletal jangka panjang, termasuk nyeri punggung dan ketegangan bahu.

Lantas, bagaimana cara memegang ponsel yang benar? Berikut 12 caranya.

12 Cara Memegang Ponsel yang Benar

1. Jaga pergelangan tangan Anda pada posisi netral tanpa menekuk secara berlebihan. Memegang ponsel setinggi pinggang atau dada dengan siku sedikit ditekuk dapat membantu mempertahankan posisi ini.

2. Jika memungkinkan, pegang ponsel dengan kedua tangan dan gunakan kedua ibu jari untuk mengetik. Ini mendistribusikan beban kerja dan mengurangi ketegangan pada satu tangan.

3. Pegang ponsel setinggi mata untuk mengurangi kebutuhan untuk memiringkan kepala ke depan. Hal ini dapat dilakukan dengan menekuk lengan pada siku dan mendekatkan ponsel ke wajah Anda.

4. Bila menggunakan ponsel dalam waktu lama, pertimbangkan untuk menggunakan dudukan telepon atau menopangnya di atas meja. Hal ini meminimalkan kebutuhan untuk memegangnya terus menerus dan menjaganya pada ketinggian yang ergonomis.

5. Pastikan punggung Anda lurus dan bahu Anda rileks namun tidak bungkuk. Postur ini mengurangi ketegangan pada leher dan bahu Anda.

6. Sandarkan siku Anda di atas meja atau sandaran tangan untuk mengurangi beban di bahu dan leher Anda. Ini juga membantu menjaga posisi pergelangan tangan netral.

7. Hindari menggunakan ponsel dalam waktu lama tanpa istirahat. Usahakan istirahat 5 menit setiap 20-30 menit untuk melakukan peregangan dan bergerak.

8. Lakukan latihan peregangan sederhana pada leher, bahu, pergelangan tangan, dan tangan untuk meredakan ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah.

9. Atur waktu penggunaan ponsel Anda. Untuk menghindari tekanan ekstra pada tangan, gunakan perintah suara dan fitur dikte untuk mengurangi kebutuhan mengetik. Ini sangat berguna untuk mengirim pesan atau menelusuri web.

10 Belilah aksesori ergonomis seperti stylus untuk mengetik atau menggesek, atau pegangan dan dudukan ergonomis yang dapat dipasang di bagian belakang ponsel untuk penanganan yang lebih baik.

11. Tingkatkan ukuran font dan sesuaikan kecerahan untuk mengurangi ketegangan mata. Ini juga membantu menjaga ponsel pada jarak yang nyaman tanpa perlu menyipitkan mata atau mencondongkan tubuh ke depan.

12. Gunakan filter cahaya biru untuk mengurangi ketegangan pada mata Anda selama penggunaan jangka panjang, terutama di malam hari.

Jika Anda sudah mengalami masalah pada tangan dan leher, latihan berikut dapat membantu
Melakukan latihan khusus dapat secara signifikan membantu mengurangi rasa sakit dan mencegah masalah di masa depan:

1. Miringkan kepala secara perlahan ke arah masing-masing bahu, tahan selama 15-30 detik di setiap sisi. Lakukan rotasi leher untuk mengendurkan otot.

2. Rentangkan lengan Anda dengan telapak tangan menghadap ke atas, lalu tarik perlahan jari Anda ke belakang dengan tangan yang lain, tahan selama 15-30 detik.

3. Putar bahu Anda ke depan dan ke belakang dengan gerakan memutar untuk meredakan ketegangan.

4.  Regangkan jari-jari Anda lebar-lebar lalu kepalkan, ulangi beberapa kali untuk meningkatkan kelenturan.

Pilihan Editor: Risiko Tidur Dekat Ponsel yang Wajib Kamu Tahu

TIMES OF INDIA

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."