Bukan Hanya untuk Masakan, Daun ketumbar Bisa Turunkan Kolesterol dan Jaga Gula Darah Stabil

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Daun ketumbar/Foto: Instagram/Lids Mini Garden

Daun ketumbar/Foto: Instagram/Lids Mini Garden

IKLAN

CANTIKA.COM, JakartaDaun ketumbar atau adalah ramuan ampuh yang telah digunakan sejak zaman kuno untuk menurunkan kadar kolesterol dan mengatasi masalah pencernaan. Wangi dan beraroma, biji dan daun ketumbar banyak digunakan dalam kari India untuk menambah rasa. Daun ketumbar digiling menjadi chutney lezat yang dapat dipadukan dengan berbagai macam resep.

Sebagai sumber vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang sangat baik, daun ketumbar bisa menjadi tambahan yang luar biasa untuk makanan Anda. Air daun ketumbar bisa menjadi obat yang bagus untuk mengatur kadar gula darah dan mencegah banyak penyakit kronis

Sebagai sumber vitamin, serat, mineral, dan antioksidan yang sangat baik, daun ketumbar bisa menjadi tambahan yang luar biasa untuk makanan Anda.Ketumbar memiliki banyak senyawa alami yang mampu melawan kolesterol tinggi. Tingginya antioksidan dan serat makanan, air ketumbar juga berperan membantu mengurangi LDL atau kadar kolesterol 'jahat'. Ketumbar kaya akan pitosterol, yaitu senyawa tumbuhan yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus. Ini juga membantu mencegah penyakit jantung.

“Ramuan ketumbar berperan sebagai diuretik. Penelitian juga menunjukkan bahwa ketumbar dapat membantu menurunkan kolesterol berbahaya (LDL) sehingga mengurangi risiko aterosklerosis dan pencegahan penyakit arteri koroner,” kata Dr. Dipankar Roy, MBBS, MD (MEDICINE) , Pusat Penelitian dan Kesehatan Golf View.

“Air ketumbar dapat membantu meredakan PMS, keasaman, tiroid, migrain karena panas berlebih, keringat malam, hot flashes, keringat tengah malam dan segala macam masalah pitta,” ungkap Dr Dixa Bhavsar Savaliya dalam postingan Instagram terbarunya.

Kandungan Daun Ketumbar

Daun ketumbar adalah sumber Vitamin A dan Vitamin C yang sangat baik. Selain nutrisi ini, setiap porsi daun ketumbar juga kaya akan nutrisi seperti serat makanan, zat besi, mangan, kalsium, vitamin K, fosfor, dan lain-lain. Dr Savaliya.

Ramuan ajaib yang terdiri dari 11 minyak esensial, sangat rendah lemak jenuhnya, mengandung asam linoleat dalam jumlah banyak yang memberikan banyak manfaat kesehatan. Sesuai NIN, 100 gram daun ketumbar mengandung 31 kkal, 2 gram karbohidrat, 4 gram protein. , 0,7 gram lemak, 146 mg kalsium, 5,3mg zat besi, 4,7 gram serat, 24mg Vitamin C, 635mg Vitamin A dan banyak lagi," tambahnya.

Anda bisa meminum air daun ketumbar kapan saja baik di pagi hari atau 45 menit sebelum atau sesudah makan. Ambil saja segenggam daun ketumbar dan rebus dalam 500 ml air selama 10 menit, lalu saring dan minum selagi hangat atau dalam suhu ruangan.

Manfaat kesehatan air daun ketumbar

1. Meningkatkan penglihatan

Ketumbar kaya akan vitamin A yang dapat membantu menyehatkan retina Anda. Ini juga membantu mempertahankan jumlah kelembapan yang tepat di mata Anda.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Daun ketumbar kaya akan Vitamin C dan Vitamin C serta Vitamin A. Hal ini dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Antioksidan luar biasa dan senyawa nabati lebih bermanfaat bagi kesehatan Anda.

3. Mengelola kadar gula darah

Menurut WebMD, ketumbar telah terbukti menurunkan gula darah secara signifikan pada penderita diabetes.

4. Menurunkan kolesterol jahat (LDL)

Daun ketumbar memiliki senyawa luar biasa yang dapat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Memperkuat kesehatan tulang

Daun ketumbar merupakan gudang kalsium, mangan, magnesium dan fosfor, semua mineral penting yang memberikan keajaiban bagi kesehatan tulang Anda.

6. Meningkatkan kesehatan usus

Mengonsumsi daun ketumbar dapat membantu meningkatkan nafsu makan dan mengurangi gejala kembung dan rasa tidak nyaman.

7. Meningkatkan kesehatan kulit

Daun ketumbar memiliki antioksidan kuat yang dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak kulit.

8. Meningkatkan kesehatan jantung

Selain menurunkan kolesterol, daun ketumbar dapat bertindak sebagai diuretik, yang dapat membantu menghilangkan kelebihan natrium dari sistem tubuh dan menurunkan tekanan darah.

Pilihan Editor: Alasan Mengapa Jangan Langsung Minum Air Setelah Makan, Gula Darah Meningkat

HINDUSTAN TIMES

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."