5 Resep Es Buah yang Cocok untuk Cuaca Panas, dari Mangga hingga Alpukat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Ilustrasi es buah (pixabay)

Ilustrasi es buah (pixabay)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Musim kemarau tahun ini semakin terasa terik dengan suhu yang menyengat. Kondisi cuaca ini mendorong banyak orang mencari cara untuk menyegarkan diri dan tetap terhidrasi. Cuaca panas yang ekstrem dapat menyebabkan dehidrasi, sehingga penting untuk tetap terhidrasi. Selain mengonsumsi es buah, pastikan Anda juga minum cukup air putih setiap hari.

Salah satu cara yang populer dan menyenangkan adalah menikmati es buah. Berikut ini adalah daftar lima es buah terpopuler yang bisa menjadi pilihan untuk mengatasi dahaga saat cuaca panas

1. Resep Es Buah Naga Nata De Coco

Es buah naga semakin populer belakangan ini, terutama di kalangan mereka yang peduli dengan kesehatan. Buah naga, yang dikenal kaya akan antioksidan dan serat, menjadi bahan utama dalam minuman ini. Potongan buah naga yang dicampur dengan es serut dan sedikit sirup atau madu menghasilkan minuman yang tidak hanya menyegarkan tetapi juga menyehatkan.

Bahan yang diperlukan untuk membuat es buah naga adalah, satu buah naga, satu bungkus nata de coco (360 gr), satu kaleng susu evaporasi (380gr), satu sachet susu kental manis. Dan yang terakhir adalah es batu. 

Untuk membuat satu porsi es buah naga cukup gampang. Pertama potong dadu buah naga merah. Lalu, tuang air susu evaporasi ke dalam mangkuk. Kemudian campurkan susu kental manis dan air susu evaporasi. Selanjutnya masukkan buah naga dan nata de coco.

Terakhir, siapkan gelas saji. Masukkan es batu ke dalam gelas. Tambahkan campuran susu, buah naga merah dan nata de coco.

2. Resep Sup Buah Alpukat

Resep es buah lain yang bisa dbuat untuk menyegarkan hari Anda di kala musim kemarau adalah supbuah alpukat. Bahan yang dibutuhkan tentunya adalah buah alpukat. Kemudian 200 gr stroberi, 50 ml sirup, 2 sdm selasih, 1 bungkus nutrisari. Agar lebih menyegarkan tambahkan daun mint. Selanjutnya susu kental manis dan tak lupa tambahkan es batu.

Cara membuatnya pertama, kerok alpukat segar dan masukkan ke dalam gelas saji Anda. Lalu, iris stroberi. Selanjutnya tambahkan nutrisari dan sirup sederhana. Beri susu kental manis secukupnya.  Terakhir, tambahkan air es atau es batu dengan campuran selasih yang bisa Anda rendam terlebih dahulu dengan air hangat sebelum disajikan.

3. Resep Es Buah Selari (Selasih Apel Stroberi)

Bahan-bahan untuk membuat es buah selasih apel stroberi bisa disingkat menjadi selari sebagai berikut. Setengah buah apel fuji, lima buah stroberi, satu sendok teh selasih, gula pasir, dan sirup leci.

Cara membuatnya adalah masukkan semua buah yang sudah dibersihkan dan dipotong ke dalam satu wadah. Kemudian tuang le sirupci ke dalam wadah buah. Lalu, aduk rata dan koreksi rasa. Dengan begitu es buah selari siap Anda sajikan dengan es batu.

4. Resep Es Buah Mangga

Es mangga menawarkan kesegaran buah tropis yang sempurna untuk musim kemarau. Mangga yang manis dan matang dipotong dadu kemudian dicampur dengan es serut dan sedikit sirup. Beberapa variasi juga menambahkan potongan buah lain seperti kiwi atau stroberi untuk menambah kelezatan dan warna yang menarik. Es mangga adalah pilihan yang sangat menyegarkan dan kaya akan vitamin C.

5. Resep Es Buah Jadul

Satu porsi es buah jadul sudah cukup untuk mendinginkan dahaga karena panas musim kemarau. Bahan yang disiapkan juga cukup mudah dicari. Antaranya ada satu buah pepaya, setengah buah labu siam, tiga buah nanas madu. Kemudian sediakan Nata de Coco, biji selasih, tiga sendok makan air kapur sirih. 

Sebagai pemanis, bahan yang disiapkan adalah 250 gram gula pasir, dua jeruk nipis, dua lembar daun pandan, 3 biji cengkeh, 3 cm kayu manis. Selain bahan utama, Anda bisa menambahkan bahan pelengkap berikut agar es buah semakin mantap, yaitu es batu.  

Cara membuah es buah jadul ada empat langkah. Pertama, kupas bersih pepaya dan labu siam sesuai selera. Anda juga bisa merendamnya dengan campuran air kapur sirih selama 30 menit atau langsung cuci dan tiriskan buah tersebut. Untuk mengolah nanas, kupas dan potong terlebih dahulu. Setelah itu, mendidihkan air dicampur daun pandan, cengkeh, dan kayu manis. Jangan lupa tambahkan gula pasir.

Langkah kedua, Masak buah nanas terlebih dahulu hingga 3 menit. Lanjutkan dengan memasak buah pepaya dan labu siam. Ketiga, masukkan larutan sitrun sesuai selera. Terakhir, masukkan nata de Coco tanpa airnya. Dan terakhir adalah dinginkan di dalam kulkas atau sajikan langsung di gelas dengan campuran es batu.

Pilihan Editor: 5 Tips Memilih Baju di Cuaca Panas, Agar Nyaman dan Sat Set Beraktivitas

KARUNIA PUTRI | NIA HEPPY | ALFI MUNA SYARIFAH | DWI ARJANTO 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."