Manfaat Vitamin E untuk Perawatan Kulit, Melembapkan dan Antioksidan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi vitamin E. boldsky.com

Ilustrasi vitamin E. boldsky.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Vitamin E adalah salah satu bahan yang memiliki banyak manfaat untuk perawatan kulit. Vitamin ini dikenal memiliki sifat melembapkan dan antioksidan, menurut dokter kulit Anna Karp.

Vitamin E bisa ditemukan dalam lemak dan minyak yang berasal dari produk hewani, kacang-kacangan, buah-buahan dan sayuran. Dalam bidang kecantikan, sering ditemukan dalam formulasi losion, krim, dan gel.  "Pada daftar bahan perawatan kulit, Anda mungkin melihat vitamin E disebut sebagai tokoferol atau alfa-tokoferol," kata dokter Karp dikutip dari Pop Sugar.

Sebagai antioksidan, vitamin E membantu menetralkan radikal bebas dari lingkungan dan sinar matahari yang dapat merusak kulit dajugan berkontribusi terhadap penuaan dini, kata Dr. Karp. Vitamin E juga memiliki sifat anti-inflamasi dan larut dalam lemak, sehingga dapat menembus penghalang lipid kulit kita dengan mudah.

“Vitamin E memerangi kerusakan akibat radikal bebas dari pemicu stres dan racun lingkungan. Sebagai humektan, vitamin E membantu menarik kelembapan ke dalam kulit dari lingkungan,” kata dokter kulit Deanne Mraz Robinson. 

Sebagai emolien, vitamin ini melembutkan pelindung kulit dan membantu mengunci kelembapan di bawahnya, mencegah hilangnya air trans-epidermal.

Vitamin E juga dapat melembutkan dan melembapkan kulit, mengurangi pembengkakan dan kemerahan, serta dapat membantu penyembuhan luka bakar dan luka. Mereka yang menderita eksim, psoriasis, dan kulit gatal mungkin akan merasa lega jika menggunakan produk yang mengandung vitamin E.

Cara Mengonsumsi Vitamin E dalam Rutinitas Perawatan Kulit

Vitamin E larut dalam minyak, artinya dapat terkandung dengan baik dalam losion atau serum. Vitamin ini ditemukan di banyak produk perawatan kulit karena memiliki banyak manfaat, tetapi juga dapat digunakan sebagai produk yang berdiri sendiri.

“Jika kulit Anda sensitif, cobalah menggunakan losion, pelembap atau serum dan lihat bagaimana reaksi kulit Anda,” kata dokter Mraz.

Serum diformulasikan untuk penyerapan opsional, sedangkan losion dan pelembap bekerja pada lapisan luar dan atas kulit sehingga kecil kemungkinannya menyebabkan iritasi.

Apakah Vitamin E Cocok untuk Semua Jenis Kulit?

Kebanyakan orang dapat menoleransi vitamin E dengan cukup baik, terutama sebagai bahan dalam produk lain. Namun, mekanisme pengaplikasian yang perlu diperhatikan saat menggunakan bahan ini pada kulit.

“Saya tidak merekomendasikan minyak vitamin E murni jika Anda memiliki kulit berminyak atau rentan berjerawat,” kata dokter Karp.

Jika Anda memiliki kulit sensitif, terlebih dahulu dapat melakukan uji tempel kecil di lengan bawah Anda untuk memastikan kulit tidak bereaksi terhadap produk tersebut.

Pilihan Editor: 6 Sumber Makanan Mengandung Vitamin E, Ada Bayam hingga Kacang Almond

POPSUGAR

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."