Retinol dan Niacinamide Boleh Dipakai Bersamaan, Simak Sederet Manfaatnya untuk Kulit

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

Ilustrasi wanita memakai serum. Freepik.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bila Anda masih bertanya-tanya apakah boleh retinol dan niacinamide dipakai bersamaan? Jawabannya boleh menurut dokter kulit. Saat digabungkan, kedua bahan primadona dalam perawatan kulit itu bisa menjadi multivitamin yang baik. Lantas, apa saja manfaat jika dipakai bersamaan dan kemungkinan efek samping yang timbul? Berikut paparan para ahli kulit.

Apa Itu Retinol?

Retinol adalah salah satu bentuk vitamin A yang menawarkan banyak manfaat. Bahan ini merangsang pergantian sel—artinya membawa sel-sel segar dan sehat ke permukaan untuk menggantikan sel-sel mati dan kusam—dan dapat membantu mengatasi berbagai masalah kulit, termasuk jerawat, garis-garis halus dan kerutan, kusam, dan perubahan warna.

Namun, dengan semua kekuatan itu, terdapat potensi iritasi yang cukup tinggi. Jenis kulit sensitif tertentu mungkin ingin memilih alternatif yang lebih lembut, seperti bakuchiol nabati atau retinil palmitat.

Apa pun jenis retinoid yang Anda tambahkan, mulailah secara perlahan. Oleskan secukupnya pada wajah dan leher Anda seminggu sekali, dan tingkatkan penggunaannya lebih sering seiring dengan meningkatnya toleransi kulit Anda.

Karena retinol membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari, gunakanlah pada malam hari dan lapisi kulit Anda dengan tabir surya dalam jumlah banyak di siang hari.

“Retinol dapat meningkatkan sensitivitas terhadap sinar ultraviolet, jadi jika Anda menggunakan produk yang mengandung retinol atau retinoid apa pun, SPF 30 spektrum luas juga harus diterapkan di pagi hari,” ucap dokter kulit bersertifikat Rachel Nazarian dikutip dari laman Byrdie, Minggu, 19 Mei 2024.

Apa Itu Niacinamide?

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 yang dikenal karena sifat anti-inflamasinya. “Ini bagus untuk jerawat, rosacea, hiperpigmentasi, bintik hitam, atau siapa pun yang ingin memperbaiki tekstur dan hidrasi kulit mereka,” kata dokter kulit bersertifikat Jessica Dowling.

Dalam beberapa tahun terakhir, niacinamide mulai populer sebagai alternatif yang lebih lembut dibandingkan vitamin C, karena menawarkan manfaat mencerahkan dan melindungi dengan risiko iritasi yang lebih rendah.

Niacinamide juga menawarkan manfaat pencegahan. Ini adalah antioksidan kuat, yang berarti melindungi terhadap tekanan lingkungan (seperti polusi dan kerusakan akibat sinar ultraviolet) yang menyebabkan tanda-tanda penuaan. Meskipun niacinamide tidak menyebabkan reaksi, Nazarian merekomendasikan untuk menambahkannya ke rutinitas pagi Anda dan memilih formula dengan konsentrasi 5 persen atau lebih rendah untuk memaksimalkan pertahanannya dan menghindari iritasi.

Bisakah Anda Menggunakan Retinol dan Niacinamide Bersamaan?

Jawabannya, ya. Anda tidak hanya dapat menggunakan retinol dan niacinamide secara bersamaan, tetapi dokter kulit setuju bahwa Anda mungkin harus menggunakannya.

“Menggunakan retinol dan niacinamide secara bersamaan sebenarnya bisa menjadi kombinasi yang sangat bagus untuk kulit Anda,” kata Nazarian. “Saya suka menganggapnya sebagai multivitamin yang melakukan banyak pekerjaan dalam satu waktu untuk kulit Anda,” ucapnya.

Manfaat Memakai Retinol dan Niacinamide Bersamaan

1. Lebih banyak mengatasi masalah kulit

Retinol dan niacinamide sama-sama menargetkan jerawat, tanda-tanda penuaan, hiperpigmentasi, dan kerusakan akibat sinar matahari. Jadi, jika Anda menggabungkannya, pada dasarnya Anda mendapatkan dosis ganda.

“Bahkan ada penelitian medis yang menunjukkan bahwa keduanya dapat digunakan bersama dengan cukup aman untuk meningkatkan manfaat ketika mengobati kondisi seperti jerawat atau hiperpigmentasi,” kata Nazarian.

Retinol mengatasi hiperpigmentasi dengan merangsang pergantian sel, sedangkan niacinamide melakukannya dengan menghambat produksi melanin.

Dalam hal mengencangkan kulit, retinol meningkatkan kolagen, sementara niacinamide memperkuat pelindung kulit untuk menjaga kulit Anda tetap terhidrasi dan montok.

2. Lebih Sedikit Iritasi

Ada sejumlah cara berbeda untuk mengatasi iritasi yang sering muncul dengan menambahkan retinoid ke dalam rutinitas Anda, tetapi memadukannya dengan niacinamide adalah salah satu cara terbaik. Menurut Nazarian, manfaat anti-inflamasi niacinamide dapat menghambat respons peradangan dan melemahkan pelindung kulit yang dapat terjadi sebagai efek samping penggunaan retinol.

“Niacinamide telah terbukti meningkatkan hidrasi kulit dan membantu memperbaiki pelindung kulit sekaligus meredakan kemerahan,” ucap Dowling.

“Saya sangat merekomendasikan menambahkan niacinamide ke dalam rangkaian perawatan kulit bagi siapa saja yang kesulitan menoleransi retinol topikal,” katanya.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."